Logo Sulselsatu

Appi Janji Hapus Retribusi Sampah Saat Kampanye di Pasar Rakyat Tamamaung

Asrul
Asrul

Minggu, 27 September 2020 18:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Warga Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakukang, khususnya para pedagang di Pasar Rakyat Sukaria, Jl AP Pettarani II, curhat ke calon Wali kota Makassar, Munafri Arifuddin, saat mereka bertemu dan berdialog, Minggu (27/9/2020).

Pada kesempatan dialog dengan Warga Sukamaju IV Kelurahan Tamamaung, Panakukang yang merupakan rangkaian kampanye tatap muka Cawali nomor urut dua. warga mengeluhkan berbagai persoalan yang tak kunjung usia.

Diantaranya terkait dengan permasalahan keamanan dan juga kebersihan.

Baca Juga : Ketua Tim Appi-Rahman Soroti Politik Anggaran Pemkot Makassar

“Masyarakat di sini mengharapkan ke depannya itu ada peningkatan-peningkatan seperti masalah keamanan, peningkatan masalah kebersihan,” kata Daif Abbas, salah satu perwakilan warga.

Sejauh ini menurutnya di kawasan pasar kebersihan selalu menjadi masalah.

Pertama yakni minimnya fasilitas tempat pembuangan sampah, untuk urusan pengangkutan sampah juga tidak intens dilakukan sementara mereka tetap membayar retribusi secara rutin.

Baca Juga : Dukungan Makin Massif, Giliran Komunitas Warga Soppeng Tegas Pilih Appi-Rahman

Masalah sampah ini bukan cuma di kawasan pasar, menurut Daif Abba secara umum menjadi masalah di kelurahan Tamamaung termasuk soal keamanan.

Dimana masih sering terjadi pencurian dan beberapa aksi kriminal lainnya. Ini bisa terjadi katanya lantaran kinerja ketua RT dan RW yang tidak maksimal dikarenakan insentif yang diterima dianggap terlalu rendah dibanding kerja-kerja yang harus dilakukan.

“Makanya terutama peningkatan terhadap kesejahteraan masyarakat utamanya RT/RW kasian yang selalu turun ke masyarakat itu dinilai insentifnya belum cukup,” Jelas Daif Abbas yang juga Ketua LPM Kel. Tamamaung.

Baca Juga : Makin Massif, Pengalihan Pilihan ke Appi-Rahman, Pengamat: Warga Memilih yang Tepat untuk Dipilih

Terkait dengan keluhan warga ini, Appi pun mengatakan bahwa jika ia terpilih nantinya sudah mempersiapkan program-program yang berfokus pada permasalahan utama masyarakat ini.

“Soal sampah kami tekankan bahwa nantinya retribusi akan kita hapuskan, biarkan Pemerintah yang memikirkan sistemnya nanti dimana petugas-petugas kebersihan juga tetap akan sejahtera tapi bukan dengan menyusahkan warga lagi dengan retribusi. Termasuk beberapa pajak-pajak akan kita pangkas, PBB dan Pajak restoran, dan lainnya,” ucapnya.

Begitupun dengan insentif Ketua RT dan RW, dalam beberapa kali kesempatan Cawali yang berpasangan dengan Abd Rahman Bando itu menegaskan akan menaikan insentif dari yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga : Appi-Rahman Unggul di Debat Kedua Pilwali Makassar, Ekonom Senior Hingga Sosiolog Sebut Programnya Solutif

Bahkan untuk organisasi RT dan RW, sekretaris dan bendaharanya pun akan diberikan insentif.

Kampanye Appi di kawasan Pasar Rakyat Sukaria ini berlangsung di rumah toko (ruko) milik salah satu tokoh masyarakat setempat, H Hanafi.

Jumlah warga yang hadir dalam kampanye dialogis itu dibatasi tak melebihi dari 50 orang dan diberlakukan protokol kesehatan.

Baca Juga : Kreatif, Appi dan Rahman Main Film Juga, Viral di Medsos

Seperti diwajibkan menjaga jarak dan menggunakan masker.

Bahkan sebelum Appi tiba di lokasi, sejumlah Duta Sehat Appi-Rahman yang terdiri dari perempuan-perempuan muda dan cantik terjun langsung membagikan masker dan handsanitizer.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...