iklan Kareba Parlementa

Rumah Kecapi Maros Gelar Pageleran Musik Tradisional Bagi Pelajar

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAROS — Kementerian Sosial RI bersama Lembaga Rumah Kecapi Maros menggelar Pagelaran Musik Tradisional Kecapi di pelataran lapangan upacara SDN 02 Maros Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Kamis malam (26/11/2020).

Kegiatan yang melibatkan sekitar 20 siswa-siswi itu di buka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan Agustinus Appang.

Dalam kegiatan ini para pelajar akan berkolaborasi dengan para pemusik tradisional.

Pembina Rumah Kecapi Maros M. Ramli mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya penananam nilai-nilai kearifan lokal pada anak-anak milenial. Rumah Kecapi sendiri merupakan lembaga yang membuat, melatih, dan melahirkan generasi pembuat kecapi.

“Seperti kita ketahui, Rumah Kecapi sendiri merupakan lembaga yang membuat, melatih, dan melahirkan generasi pembuat kecapi. Selain itu, kegiatan ini juga bentuk dukungan terhadap UU No 5 Tahun 2017 tentang Sepuluh Pemajuan Kebudayaan,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD SDN 02 Maros, Hajerah Kadir mengatakan, Alasan dipilihnya SDN 02 Maros sebagai tempat pelaksanaan kegiatan karena sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang eksis dalam bidang seni musik tradisonal dan modern.

Ia berharap, dalam kegiatan ini dapat menjadi dasar sekolah-sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan serupa, agar kesenian kecapi bisa tersosialisasikan dengan baik.

“Dengan adanya kegiatan ini kita dapat memberi dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang ada di kabupaten Maros khususnya bagi pelajar sekolah dasar bagaimana budaya dan kecapi itu, Mungkin nanti ada suatu momen dengan Rumah Kecapi sehingga anak- anak dapat melihat proses pembuatan historis pembuatan kecapi. Itu yang saya inginkan selain mesosialisakan kecapi ke seluruh sekolah-sekolah di Kabupaten Maros” ujarnya.

Ia juga mengatakan, berdasarkan data dari 285 Sekolah Dasar yang di Kabupaten Maros, beberapa sekolah belum menerapkan atau memasukkan nilai kesenian dalam pembelajaran.

“Jadi dari 285 sekolah dasar di maros itu hanya sekitar hanya sekitar 5% yang memasukan kesenian tradisonal dalam kurikulum yang ada. Kita berharap besar seluruh sekolah dapat segera menjadikan kesenian itu sejak dini di kenali oleh pelajar dasar,” bebernya.

Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Dinas Sosial Sulsel, Ketua Lembaga Rumah Kecapi Maros Faisal Yusri, Pembina Rumah Kecapi Maros Muhammad Ramli, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulsel, Sanggar Seni Dambang Marana, serta para pelaku seni yang ada di Kabupaten Maros. (*)

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Habis Nonton Film Porno, Seorang Ayah di Medan Tega Setubuhi Anak Kandung

SULSELSATU.com - Seorang pria di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara tega setubuhi anak kandungnya. Dalam video terlihat pelaku berada di kantor polisi untuk dimintai keterangan. Pelaku...

Gempa di Sulbar, Wali Kota Parepare Intruksikan Jajarannya Salurkan Bantuan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, prihatin atas gempa berkekuatan 6,2sr yang terjadi di Sulawesi Barat. Dimana mengakibatkan berbagai fasilitas pemerintahan...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Kepanikan Warga Saat Gempa 6,2 Magnitudo di Majene Sulbar

  SULSELSATU.com - Gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat membuat kepanikan dan kerusakan di Wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) , Jumat (15/1/2021) pukul 01.28 WITA. Sejumlah rumah...

Kabar Buruk! Pemkot Makassar Bakal Rumahkan Tenaga Honorer

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sebanyak 200 pegawai Pemerintah Kota Makassar yang berstatus tenaga kontrak atau honorer disejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan di rumahkan. Hal...

Artikel Lainnya

Kemenakan SYL-IAS Menyatu di Barisan ADAMA’ Dampingi Fatma

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Soliditas kader dan pengurus parpol pengusung pasangan M...

BDR Sulsel Sesuai Standar Protokol Kesehatan Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H Hery...

Tim ADAMA’ Awasi Pergerakan Praktik Politik Uang Jelang Pencoblosan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pencoblosan Pilkada Makassar 2020 tersisa delapan hari lagi....

Ini Materi yang Siap Dipaparkan Danny-Fatma di Debat Perdana

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) sudah siap...

Danny Janjikan Posyandu Nyaman ke Warga Pattunuang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Minggu, (25/10/2020), Moh Ramdhan "Danny" Pomanto mengakhiri agenda...

Terkini

Dua Korban Gempa Sulbar Dirawat di RS Andi Makkasau Parepare, Begini Kondisinya

SULSELSATU.com, PAREPARE - RSUD Andi Makkasau Parepare saat ini tengah menangani...

VIDEO:Salut, Aksi 3 Ukhti Ajak Bocah Penjual Krupuk Makan di Restoran

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan tiga wanita yang mengajak bocah penjual...

VIDEO: Detik-detik Anggota DPR RI Dedi Mulyadi Marahi Pengemis

SULSELSATU.com - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi marah kepada seorang pengemis...

VIDEO: Singgah Jenguk Orang Tua, Ustadz Das’ad Latif Selamat dari Gempa Bumi

SULSELSATU.com - Ustadz Das'ad Latif menceritakan dirinya selamat dari gempa bumi...

Pemkot Parepare Siapkan Posko Peduli Gempa Sulbar

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bergerak cepat aksi peduli...