Logo Sulselsatu

OPINI: Kudeta Diri Sendiri

Asrul
Asrul

Sabtu, 06 Februari 2021 09:29

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Prof Rasyid Masri. (Foto/Ist)
Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Prof Rasyid Masri. (Foto/Ist)

Penulis: Prof Dr Abd Rasyid Masri (Guru besar sosiologi FDK UIN Alauddin Makassar)

Satu minggu terakhir Jagad perpolitikan nasional begitu heboh, viral adanya upaya kudeta kepemimpinan pucuk pimpinan partai Demokrat dari pihak eksternal yang berniat ingin mengambil alih kepemimpinan Demokrat dengan cara inkonstitusional suatu tindakan politik yang dinilai banyak pengamat politik kurang elegan dan merusak bangunan demokrasi.

Namun goresan pena kali ini menyentil kudeta dalam konteks yang berbeda yakni meng kudeta diri sendiri ‘kok bisa. bisa membuat banyak orang gagal paham, maka perlu sedikit pencerahan akademik bahwa kata kudeta itu berasal dari kata Prancis coup d’Etat dimaknai serangan, pemaksaan dalam merebut kekuasaan yang sah.

Baca Juga : OPINI: Meneropong Dinding Pembuluh Koroner dengan Pencitraan Intra Koroner

Kita mencoba mengambil aspek arti kudeta dalam arti pemaksaan, manusia dlm firman Allah diilustrasikan sebagai makhluk paling banyak berkeluh kesah dan sulit memuaskan perasaannya.

Maka solusi untuk keluar dari rasa malas dan keluh kesah dan meratapi nasib dan rajin menyalahkan nasib, menyalahkan diri sendiri dan menyalahkan takdir harus melakukan Kudeta perasaan diri sendiri, harus mampu melawan diri sendiri , memaksa perasaan malas dan melawannya, perasaan sendiri harus dikritisi harus dipaksa untuk bangkit dan semangat kerja keras, sebab sukses itu harus kerja keras dan kerja cerdas serta disiplin yang tinggi dalam mencapai mimpi.

Istilah penulis dimimpi malamnya dikerja paginya, bukan sekedar dicerita tapi dikerja agar bisa jadi kenyataan.

Baca Juga : OPINI: Permenaker RI Nomor 18 Tahun 2022 Malapetaka Bagi Pengusaha

Perasaan malas “Kuttu ‘ bagi Bugis Makassar adalah musuh besar dalam diri manusia yang harus di kudeta dengan pikiran kuat dan tekat kuat agar diri kita bisa bangkit dan sukses.

Walaupun sukses itu memiliki arti yang berbeda setiap orang namun dapat memiliki indikator bersifat Umum,

Menurut penulis sukses itu seperti apa yang di gambarkan oleh Alquran yskni terciptanya keseimbangan hidup dunia dan akhirat, mampu menciptakan keseimbangan aspek kebahagian keluarga dan prestasi pribadi, karena tidak sedikit orang sukses hanya untuk dirinya tapi istri dan keluarganya menderita batin, tapi dibutuhkan keseimbangan hidup, terlebih keseimbangan spritual, keseimbangan kesehatan dan finansial yang cukup untuk berbagi pada sesama.

Baca Juga : Pembangunan Gedung Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Capai 39 Persen

Yang menjadi masalah kenapa banyak orang terlihat sukses tapi hidunya tak pernah bahagia karena dia terjebak dalam Compatusan Traf yakni selalu membandingkan dirinya dengan orang lain ,orang seperti ini sulit bahagia , karena tak pandai menghargai dirinya, tak pandai bersyukur. Terima kasih.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi18 April 2024 12:25
Pemprov Sulsel Harap PSBM Beri Manfaat Ekonomi Bagi Masyarakat dan Daerah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muhammad Arsjad berharap pelaksanaan Pertemuan Saudagar Bug...
News18 April 2024 11:21
Pj Gubernur Bahtiar Resmikan Revitalisasi Makam Arung Pallaka dan Karaeng Pattingalloang
SULSELSATU.com, GOWA – Dalam upaya menghormati dan melestarikan warisan sejarah, Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Andi Rian R Djajad...
Politik17 April 2024 22:54
Gerindra dan NasDem Beri Sinyal Jagokan Rudal di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS), Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dan Rusdin Abdul...
Video17 April 2024 22:26
VIDEO: Banjir Bandang terjadi di Dubai
SULSELSATU.com – Banjir bandang terjadi di Uni Emirat Arab (UEA) dan Oman. Termasuk di Bandara Internasional Dubai. Banjir menutup jalan raya ut...