Logo Sulselsatu

April, Penerimaan Siswa Baru di Sulsel

Asrul
Asrul

Senin, 15 Februari 2021 20:19

Kadisdik Sulsel, Muhammad Jufri.
Kadisdik Sulsel, Muhammad Jufri.

SULSELSATU.com, Makassar – Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel tengah mempersiapkan mekanisme Penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Sulsel Tahun 2021 yang rencananya akan digelar pada April 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Muhammad Jufri mengatakan saat ini pihaknya telah mendapatkan juklak dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang pelaksanaan PPDB.

Juklak tersebut nantinya akan disertakan petunjuk teknis (Juknis) yang selanjutnya akan disosialisasikan ke masyarakat.

Baca Juga : SNMPTN 2021 Dibuka, Begini Cara Daftarnya

“Sudah ada juga juklak dari kementerian tapi itu kami belum bisa keluarkan karena masih kita tambah dengan juknis lagi. Makanya kita lakukan FGD semua kepala sekolah dengan unsur terkait dimana hasilnya akan berbentuk juknis, juknis ini kita akan sosialisasi ke masyarakat,” kata Jufri, Senin (15/2/2021).

Untuk jalur PPDB, Jufri mengatakan masih tetap sama dengan PPBD tahun 2020 lalu yang ditetapkan dari Kemendikbud.

Adapun jalur PPDB tahun 2021 yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali, dan jalur prestasi

“Jalurnya kan ditentukan oleh pusat, tetap sama dengan jalur tahun lalu, ada jalur prestasi, ada jalur Afirmasi dan ada jalur sonasi, kalau tidak salah jalur zonasi itu 50 persen minimal, kemudian jalur prestasi itu sisa dari kuota lainnya dan ada jalur afirmasi,” ungkap Jufri.

Jufri menambahkan saat ini pihak tengah meminta data jumlah siswa kelas 3 SMP di seluruh kabupaten/kota se Sulsel untuk selanjutnya disinkronkan dengan jumlah kuota di tingkat SMA maupun SMK.

Data tersebut kata dia, dibutuhkan agar siswa SMP yang melanjutkan sekolah ke tingkat SMA dapat terpenuhi.

“Saya juga minta mereka untuk berkoordinasi dengan kepala dinas kabupaten kota untuk mendapatkan informasi berapa siswa SMK yang tamat tahun ini, kan nanti bisa kita sandingkan dengan jumlah lulusan,” pungkasnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Midkhal

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...