April, Penerimaan Siswa Baru di Sulsel

Kadisdik Sulsel, Muhammad Jufri.
images-ads-post

SULSELSATU.com, Makassar – Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel tengah mempersiapkan mekanisme Penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Sulsel Tahun 2021 yang rencananya akan digelar pada April 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Muhammad Jufri mengatakan saat ini pihaknya telah mendapatkan juklak dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang pelaksanaan PPDB.

Juklak tersebut nantinya akan disertakan petunjuk teknis (Juknis) yang selanjutnya akan disosialisasikan ke masyarakat.

“Sudah ada juga juklak dari kementerian tapi itu kami belum bisa keluarkan karena masih kita tambah dengan juknis lagi. Makanya kita lakukan FGD semua kepala sekolah dengan unsur terkait dimana hasilnya akan berbentuk juknis, juknis ini kita akan sosialisasi ke masyarakat,” kata Jufri, Senin (15/2/2021).

Untuk jalur PPDB, Jufri mengatakan masih tetap sama dengan PPBD tahun 2020 lalu yang ditetapkan dari Kemendikbud.

Adapun jalur PPDB tahun 2021 yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali, dan jalur prestasi

“Jalurnya kan ditentukan oleh pusat, tetap sama dengan jalur tahun lalu, ada jalur prestasi, ada jalur Afirmasi dan ada jalur sonasi, kalau tidak salah jalur zonasi itu 50 persen minimal, kemudian jalur prestasi itu sisa dari kuota lainnya dan ada jalur afirmasi,” ungkap Jufri.

Jufri menambahkan saat ini pihak tengah meminta data jumlah siswa kelas 3 SMP di seluruh kabupaten/kota se Sulsel untuk selanjutnya disinkronkan dengan jumlah kuota di tingkat SMA maupun SMK.

Data tersebut kata dia, dibutuhkan agar siswa SMP yang melanjutkan sekolah ke tingkat SMA dapat terpenuhi.

“Saya juga minta mereka untuk berkoordinasi dengan kepala dinas kabupaten kota untuk mendapatkan informasi berapa siswa SMK yang tamat tahun ini, kan nanti bisa kita sandingkan dengan jumlah lulusan,” pungkasnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Midkhal