Kenaikan Gaji Guru Honorer di Sulsel Terancam Tertunda

Kadisdik Sulsel, Muhammad Jufri.
images-ads-post

SULSELSATU.com, Makassar – Rencana kenaikan gaji guru honorer dari Rp 10 ribu/jam menjadi Rp 15 ribu/jam di tahun anggaran 2021 belum ada kepastian. Padahal, Sebelumnya Pemprov Sulsel disebut telah menyediakan anggaran Rp58 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri mengatakan kenaikan gaji guru honorer hanya bisa dilakukan asalkan sebagian diantaranya bisa terakomodasi masuk dalam Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Jadi kalau misalnya dari Rp9 ribu tadi itu keluar katakanlah Rp2 ribu, maka jatah yang Rp2 ribu ini anggarannya itu bisa di switch (alihkan) untuk menambah yang Rp10 ribu bisa jadi Rp 15 ribu (perjam),” kata Jufri, Rabu (17/2/2021).

Lebih lanjut, Jufri menambahkan besaran kenaikan gaji guru honorer nantinya dilihat dari jumlah tenaga honorer yang terakomodasi menjadi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Jadi kita akan menyesuaikan ke situ. Karena usulan kita memang seperti itu modelnya. Mereka itu diterima sehingga anggaran yang telah kita siapkan bisa diswitch untuk menambah honorer yang ada, yang tidak terangkat melalui PPPK,” demikian Jufri.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Midkhal