Logo Sulselsatu

OPINI: Tantangan Perkuliahan Dimasa Pandemi

Asrul
Asrul

Rabu, 28 April 2021 20:13

OPINI: Tantangan Perkuliahan Dimasa Pandemi

Penulis: Sriwahyuni (Mahasiswa)

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar pada semua sector, salah satunya dari dunia pendidikan. Kita tahu, sebelumnya pembelajaran yang ada di sekolah maupun di kampus dilakukan secara tatap muka atau offline, sekarang harus dilakukan secara online (daring).

Pembelajaran secara online, memiliki banyak tantangan dan juga tentu memberikan berbagai keuntungan. Tantangannya seperti penyampaian materi, pengajar harus mampu menyalurkan materi kepada mahasiswa tanpa adanya ketertinggalan pemahaman.

Dari berbagai sumber menyebutkan pembelajaran secara online yang tidak dipersiapkan dengan baik dapat menyebabkan mahasiswa merasa tidak mendapat perhatian dan seperti dibiarkan begitu saja oleh dosen serta kurang tersapa. Apalagi di masa sekarang ini yang mengharuskan untuk beradaptasi dengan metode pembelajaran yang berbeda.

Sponsored by MGID

Menurut salah satu dosen dari UIN Alauddin Makassar, Haeruddin, perkuliahan daring tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sisi positifnya yaitu kuliah dapat dilakukan kapan saja tanpa membutuhkan waktu yang lama, serta dilakukan kapan saja. Mahasiswa dituntut untuk lebih menguasai teknologi, serta lebih produktif.

“Sedangkan dari segi negatifnya, jaringan yang belum merata kadang menganggu perkuliahan, dan sulit untuk mengontrol mahasiswa dalam perkuliahan yang dilakukan di depan laptop atau handphone-nya. Selain itu, memperlebar jarak sosial secara fisik dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, menurut salah satu mahasiwa UIN alauddin Makassar Jurusan Ilmu Komunikasi, Suni Nurlaeli mengatakan, pembelajaran daring ini kurang efektif dikarenakan banyak mahasiswa yang berada di kampung. Hal tersebut membuat jaringan tidak stabil sehingga membuat ilmu yang disampaikan dosen tidak tercerna dengan baik oleh mahasiswa.

Mahasiswa harus menggunakan teknologi dengan sebaik mungkin dalam melakukan kegiatan kuliah daring ini. Keadaan ini, membuat mahasiswa maupun dosen harus berdaptasi dengan kebiasaan new normal dan juga semakin aktif menggunakan teknologi.

New normal mengharuskan masyarakat untuk mampu beradaptasi secepat mungkin mengikuti perkembangan teknologi. Berkerja, belajar, dan melakukan banyak hal secara online, mengingat pandemi mengharuskan kita untuk jaga jarak.

Editor: Asrul

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

OPD06 Desember 2021 20:47
Rangga Janji Perjuangkan Aspirasi Warga Saat Reses Bisa Terealisasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulsel Fachruddin Rangga kembali melakukan reses pada titik keempat di Kelurahan Pa’bundukang, Kecamat...
Berita Utama06 Desember 2021 20:13
Capaian Vaksinasi di Jeneponto Masih Rendah, Satgas Covid-19 Sulsel Turun Tangan
SULSELSATU.com, Jeneponto – Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulsel turun tangan langsung melakukan vaksinasi di Jeneponto. Kedatangan tim Satgas Co...
Breaking News06 Desember 2021 20:05
Varian Omicron Terus Menyebar, Pemerintah Tunda Pemberangkatan Umroh Sampai Tahun 2022
SULSELSATU.com, JAKARTA – Varian Omicron terus menyebar ke sejumpah negara. Melihat kondisj tersebut, Pemerintah memutuskan untuk menunda pember...
Sponsored by MGID
Ekonomi06 Desember 2021 19:46
BRI Tanggap Bencana Semeru, Kerahkan Mobil Evakuasi dan Bangun Posko Bantuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Proses penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur masih terus berjala...