Logo Sulselsatu

Kemensos Perketat Pengawasan Penerima Bansos Lewat Fintech

Midkhal
Midkhal

Selasa, 29 Juni 2021 14:27

Kemensos Perketat Pengawasan Penerima Bansos Lewat Fintech

SULSELSATU.com, Jakarta – Kementerian Sosial RI menyiapkan inovasi dalam penyaluran bantuan sosial dengan menggunakan financial technology (fintech). Inovasi menggunakan fintech untuk mempercepat dan memudahkan penyaluran bantuan sosial (bansos), serta memudahkan upaya pengawasan dan pengendalian.

“Sesuai Perpres bansos melalui Himbara, namun seiring perkembangan tidak mungkin lagi manual tanpa bantuan teknologi,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini usai menerima audiensi Asosiasi Fintech di Jakarta, seperti dilansir Kemensos.go.id.

Dibandingkan dengan alat berbasis teknologi, penggunaan dan proses manual dinilai banyak kekurangan terlebih untuk pengawasan dan pengendalian program.

Baca Juga : VIDEO: Mensos Risma Sidak Penyaluran BST di Tangerang

“Penggunaan alat secara manual masih banyak kekurangan dan tidak tepat sasaran bagi para Penerima Manfaat (PM),” ungkap Mensos.

Sponsored by MGID

Inovasi Kementerian Sosial (Kemensos) dengan menggunakan fintech dalam penyaluran bansos merupakan sistem yang digunakan hampir di seluruh dunia.

“Kami welcome dengan fintech yang saat ini hampir di seluruh dunia digunakan keuangan yang berbasis digital tersebut,” katanya.

Baca Juga : Abdul Hayat Pastikan Penyaluran Bansos Kemensos RI Tuntas Bulan Ini

Kelebihan inovasi fintech dalam penyaluran bansos, yaitu selain lebih cepat dan akurat, tapi juga lebih efektif dan efisien. “Jelas itu akan sangat berpengaruh tidak hanya untuk memudahkan pengendalian, kontrol dan pengawasan,” tandas Mensos.

Pada awal ditunjuk menjadi Menteri Sosial (Mensos), Presiden menunjukan hasil survei kedua tentang pemanfaatan bansos oleh para penerima. Hasil survei kedua dengan menggunakan fintech dapat mendeteksi penerima manfaat yang membelanjakan bansos diluar ketentuan.

“Misalnya, jika di software tidak ada jual rokok maka tak seorang pun bisa membeli rokok. Artinya, untuk pengendalian dan pengawasan lebih mudah dilakukan,” katanya.

Baca Juga : Hore! Ada Subsidi Rp1 Juta Bagi Pekerja Bergaji di Bawah Rp3,5 Juta, Begini Cara Pencairannya

Untuk penyaluran bansos dengan menggunakan fintech, Kemensos akan menggandeng Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Implementasi fintech itu akan secepatnya kami lakukan dan semoga bisa dilaunching pada tanggal 17 Agustus ini,” pungkasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Agustus 2021 02:59
Danny Fatma Hadiri Zikir Dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka Bersama Presiden Joko Widodo
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) bersama Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengikuti Z...
Makassar01 Agustus 2021 20:28
Plt Gubernur Sulsel Sebut Fasilitas Isolasi Terintegrasi Terisi 57 Pasien
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, menyebut saat ini sudah sebanyak 57 pasien yang kini menjalani isolasi di...
Makassar01 Agustus 2021 20:06
Persiapan Launching, Pemkot Gelar Simulasi Akhir Isolasi Apung di KM Umsini
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) bersama seluruh jajarannya, menggelar simulasi pengoperasian ...
Sponsored by MGID
Makassar01 Agustus 2021 15:59
Danny Minta Seluruh Camat Pastikan Verifikasi Data Penerima Bansos Secara Tepat
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) meminta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyaluran ba...