Logo Sulselsatu

Analis Politik Sebut Pilkada Takalar Bakal Diikuti Tiga Paslon Bila Syamsari Tak Maju

Asrul
Asrul

Jumat, 09 Juli 2021 13:42

ilustrasi. (int)
ilustrasi. (int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pilkada Takalar 2024 berpotensi tanpa petahana Syamsari Kitta. Bupati Takalar ini mengungkapkan ingin fokus maju di Pileg, ketimbang harus melanjutkan periode keduanya.

Pilihan politik Syamsari ini mendapat banyak sorotan dari berbagai publik. Termasuk Direktur Utama Analisis Data Nusantara, Muhammad Rhesa.

Dia menilai Pilkada Takalar kemungkinan besar akan berjalan dinamis, jika Syamsari betul-betul tidak maju lagi. Saat ini sudah mengemuka isu bahwa petahana bupati itu tidak akan maju pada Pilkada Takalar 2024 mendatang.

Baca Juga : Syamsari Vs Bur Jilid 2 Diprediksi Bakal Tersaji di Pilkada Takalar

“Praktis publik saat ini mulai mengalihkan perhatiannya ke figur-figur lain. Walaupun ada petahana Wakil Bupati (Wabub) Haji Ahmad Dg Sere yang kemungkinan maju, namun kekuatannya tidak sekuat Syamsari selaku bupati,” kata Rhesa, Jumat (9/7/2021).

Sponsored by MGID

Sehingga menurut Rhesa, Pilkada Takalar diprediksi akan berlangsung dinamis. Dan membuat banyak nama-nama lain bakal mengemuka seperti Fahruddin Rangga, Burhanuddin Bur, Firdaus Daeng Manye, Ahmad Dg Sere, Hengky Yasin, Ahmad Dg Tonang dan Indar Jaya.

“Jadi semuanya memiliki kans terbuka untuk bersaing di Pilkada Takalar. Semua figur yang akan bertarung mempunyai peluang yang sama,” jelasnya.

Baca Juga : Syamsari Vs Bur Jilid 2 Diprediksi Bakal Tersaji di Pilkada Takalar

Sementara itu menurut Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI), Suwadi Idris Amir memiliki pandangan lain. Dia menganggap Pilkada Takalar akan tetap dinamis, meski Syamsari maju atau tidak.

“Sebab Syamsari bukan petahana yang tergolong sangat kuat. Tampak dari tidak adanya gebrakan signifikan yang dilakukan selama memimpin, ditambah lemahnya komunikasi ke jejaring yang memenangkannya di periode pertama,” sebut Suwadi.

Sehingga menurutnya, meskipun Syamsari maju, namun masih sangat potensial bagi lawan-lawannya untuk mengalahkannya. Suwadi memprediksi Kabupaten Takalar berpeluang dipimpin oleh bupati baru periode mendatang.

Baca Juga : Syamsari Vs Bur Jilid 2 Diprediksi Bakal Tersaji di Pilkada Takalar

“Figur seperti Firdaus Dg Manye, Fahruddin Rangga atau Burhanuddin B, Ahmad Dg Sere, adalah figur-figur yang berpotensi melawan dan mengalahkan Syamsari. Apalagi jika mereka berkoalisi untuk melawan Syamsari,” jelasnya.

Lanjut Suwadi, komposisi pasangan calon (paslon) di Pilkada Takalar 2024 tergantung pilihan politik Syamsari. Jika Ketua Gelora Sulsel itu tak maju, maka semakin banyak kandidat yang akan muncul.

“Jika betul Syamsari tidak maju, maka Pilkada Takalar berpotensi mengusung tiga sampai empat pasangan calon. Berbeda jika SK maju, Pilkada Takalar kemungkinan besar hanya diikuti dua atau tiga pasangan calon,” tandasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video24 Juli 2021 21:28
VIDEO: Pria Terpapar Covid-19 di Sumatera Utara Malah Dianiaya Warga
SULSELSATU.com – Seorang pria yang diduga terpapar Covid-19 dianiaya oleh sejumlah warga viral di media sosial. Video tersebut terjadi di Desa S...
Makassar24 Juli 2021 19:47
Plt Gubernur Sulsel Ucapkan Belasungkawa Meninggalnya Taufik Fachruddin
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Komisaris...
Video24 Juli 2021 19:43
VIDEO: Satpol PP Makassar Bongkar Tembok Pembatas Jalan Masuk Rumah Tahfidz
SULSELSATU.com – Tembok pembatas akses jalan ke rumah tahfidz akhirnya dibongkar oleh petugas Satpol PP Kota Makassar pada Sabtu (24/7/2021) . S...
Sponsored by MGID
Politik24 Juli 2021 18:48
Golkar Makassar Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Calon Pengurus
SULSELSATU.com, Makassar - DPD II Partai Golkar Makassar menggelar penandatanganan pakta integritas untuk calon pengurus periode 2021-2026....