Logo Sulselsatu

Kementerian Kesehatan Minta Pintu Masuk dari Luar Negeri di Perketat

Andi
Andi

Jumat, 10 September 2021 16:46

Kementerian Kesehatan Minta Pintu Masuk dari Luar Negeri di Perketat

SULSELSATU.com – Kementrian Kesehatan perketat pintu masuk dari luar negeri. Bagi mereka dari luar negeri dilakukan pemeriksaan ketat untuk mengatasipasi varian baru COVID-19 yang masuk ke Tanah Air.

Berdasarkan keterangan rilis Kementrian Kesehatan, pada 10 September 2021, Pemerintah juga memantau pelaku perjalanan luar negeri seperti WNI yang baru kembali dari Kolombia, Ekuador, maupun negara-negara yang mengumum kan sudah ada penyebaran varian MU di negaranya.

Varian MU adalah mutasi virus covid-19 atau B.1.621. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah mewaspadai varian Mu dapat kebal vaksin.

Baca Juga : Covid-19 Melandai, Plt Gubernur Perintahkan Kontrol BOR Rumah Sakit

Kementerian Kesehatan terus-menerus melakukan koordinasi untuk memperketat pengawasan di pintu-pintu masuk negara Republik Indonesia.

Sponsored by MGID

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid menyampaikan bahwa 2,24% warga negara Indonesia dan 0,83% warga negara asing yang kembali dari perjalanan luar negeri teridentifikasi positif meski hasil tes dari negara sebelumnya dinyatakan negatif.

“Untuk itu kami mengimbau agar pintu-pintu masuk ke Republik Indonesia seperti bandar udara, pelabuhan laut internasional untuk terus memperketat prosedur skrining dan prosedur pengawasan masuknya pelaku perjalanan internasional,” jelas Nadia

Baca Juga : Bupati Luwu Timur Pimpin Penyerahan CBP Pemprov Sulsel untuk Warga Terdampak COVID-19

Lanjut Nadia, pihaknya dari Kementerian Kesehatan dan juga sektor terkait lainnya selalu memantau dan melakukan pemeriksaan sequencing terhadap kasus-kasus yang masuk ke Indonesia maupun yang terjadi melalui penularan lokal.

“Sehingga dengan kapasitas tersebut kita bisa mengisolasi pelaku perjalanan luar negeri yang sudah terkonfirmasi COVID-19 dengan varian tertentu di fasilitas pelayanan kesehatan baik itu di rumah sakit ataupun di tempat isolasi yang terpusat,” kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (10/9).

Ia meminta masyarakat Indonesia tetap disiplin protokol kesehatan walaupun pelonggaran aktivitas masyarakat sudah dilakukan dan segera divaksin sesuai dengan jadwalnya.

Penulis : Warda
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial21 September 2021 06:17
Taufan Pawe Hibur Anak Panti dengan Kuis Berhadiah
SULSELSATU.com, Parepare — Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe (TP) menyempatkan kunjungannya di Panti Asuhan Ridha Muhammadiyah usai menghad...
Video20 September 2021 23:09
VIDEO: Aksi Maling Hp yang Bersusah Payah Masuk Lewat Jendela
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pencuri bersusah payah untuk melewati jendela berukuran kecil. Aksi pencuri itu terekam kam...
Video20 September 2021 20:11
VIDEO: Warga di Bandung Temukan Peluru Nyasar di Dapur, Atap Rumah dan Panci Bolong
SULSELSATU.com – Salah satu warga di Kota Bandung dihebohkan dengan peluru nyasar di Dapur pada Minggu (19/9/2021). Pemilik rumah bernama Adista...
Sponsored by MGID
Berita Utama20 September 2021 19:00
Pasien Sembuh Semua, Danny Resmi Tutup Isolasi Apung Umsini
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) resmi memberhentikan atau menutup pengoperasian kapal isolasi...