Logo Sulselsatu

Percepat Pemulihan Ekonomi, OJK Gelar Serentak Bulan Inklusi Keuangan

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 28 September 2021 22:00

Percepat Pemulihan Ekonomi, OJK Gelar Serentak Bulan Inklusi Keuangan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Industri Jasa Keuangan terus berupaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. Salah satu program yang dilakukan OJK adalah Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang digelar serentak.

BIK yang dilakukan secara terintegrasi, masif, dilakukan secara berkelanjutam di seluruh wilayah Indonesia mulai dari 1 hingga 31 Oktober 2021. BIK OJk tahun ini mengangkat tema inklusi keuangan untuk semua, bangkitkan ekonomi bangsa.

Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan, Konsumen Tirta Segara menjelaskan, inklusi keuangan memiliki peranan penting dan strategis sehingga diharapkan dapat menjadi solusi untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga : OJK Bakal Berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Bangun Kampus UMKM

“Bulan Inklusi Keuangan digelar sebagai salah satu upaya mendekatkan masyarakat dengan produk dan layanan keuangan. Dengan semakin terbukanya akses keuangan masyarakat, penggunaan produk dan layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan akan meningkat, pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Tirta, Selasa, (28/9/2021).

Sponsored by MGID

Pelaksanaan BIK ini, lanjut Tirta, diharap mendorong pembukaan rekening, pemberian kredit atau pembiayaan, serta penggunaan produk atau layanan jasa keuangan, untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap budaya menabung.

Tahun 2021 ini, BIK memiliki berbagai program yang akan berfokus pada beberapa hal, seperti penjualan produk atau jasa keuangan berinsentif melalui pemberian discount, cashback, point, bonus atau reward, fasilitasi pemberian kredit atau pembiayaan bagi masyarakat serta pelaku usaha kecil dan mikro, pameran jasa keuangan yang dapat dilakukan secara virtual.

Baca Juga : Public Expose LIVE 2021 Dihadiri 49.395 Peserta, Lewati Target

“Selain itu, fokus juga pembukaan rekening, polis dan lainnya. Kegiatan edukasi keuangan antara lain melalui kegiatan webinar, dan kampanye dan publikasi program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen secara masif,” bebernya.

Di samping itu, OJK juga sedang menyiapkan konten-konten edukasi keuangan melalui learning manajemen system yang menampilkan modul-modul edukasi semua sektor jasa keuangan seperti perbankan, industri keuangan non bank, pasar modal dan fintech yang bisa diakses secara elektronik.

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2021 19:10
DPW Tuntaskan Muscab PPP Makassar, Akbar Yusuf dan Sampara Sarif Masuk Formatur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPW PPP Sulsel akhirnya menuntaskan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PPP Kota Makassar yang sempat tertunda. Ketua DPW ...
Politik24 Oktober 2021 18:10
Giliran Lestari Moerdijat Bakar Semangat Kader NasDem di Sulsel
SULSELSATU.com, PALOPO – Penantian kader Partai NasDem di Luwu Raya untuk dikunjungi Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat terbayarkan. Anggota Maje...
Adventorial24 Oktober 2021 17:49
Istri Walikota Semangati Atlet Tenis Meja Parepare Hingga Lolos Sebagai Jawara
SULSELSATU.com, Parepare — Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan kembali meluangkan waktu memantau pelaksanaan pertanding...
Sponsored by MGID
Adventorial24 Oktober 2021 16:26
Malam Grand Final Pemilihan Duta wisata Parepare Sukses Digelar
SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar malam Grand Final Pemili...