Logo Sulselsatu

Lewat FGD, Ni’matullah Ajak Mahasiswa Unhas Tak Hanya Andalkan Demonstrasi

Asrul
Asrul

Sabtu, 09 Oktober 2021 17:04

Lewat FGD, Ni’matullah Ajak Mahasiswa Unhas Tak Hanya Andalkan Demonstrasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin bidang kemahasiswaan menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Panduan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin, Sabtu (9/10/2021).

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel, Ni’matullah Erbe hadir sebagai narasumber. Pada kesempatan itu, dia mendesak mahasiswa saat ini harus mampu mengembangkan soft skills dan hard skills.

Sehingga, lanjut Ni’matullah, di sela-sela mahasiswa menempuh pendidikannya, hal itu juga dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan lain yang mendukung dirinya saat telah lulus nanti.

Baca Juga : Membaca Kekuatan IAS vs Ni’matullah di Musda Demokrat Sulsel

“Intinya, LKMM harus bisa menghasilkan soft skill mahasiswa. Makanya dalam kesempatan ini kita buat silabus pengkaderan mahasiswa. Saya di sini hanya berikan masukan,” terang Ulla sapaannya.

Sponsored by MGID

Ulla menuturkan mengapa senat mahasiswa Unhas periode pertama paling sukses? Karena mampu mengambilalih universitas.

“Selalu saya tekankan kepada pengurus bahwa lembaga ini akan eksis kalau senat universitas bisa diambilalih. Maksud saya, gerakan mahasiswa sudah harus ada definisi ulang. Harus ada perubahan yang sangat drastis baik di kampus maupun di lingkungan luar,” ujarnya.

Baca Juga : Ingin Perubahan Kepemimpinan, 16 DPC Demokrat Teken Dukungan ke IAS

Ketua Partai Demokrat Sulsel ini menilai gerakan mahasiwa sekarang ini sangat identik dengan demonstrasi. Menurut Ulla, gerakan tersebut bukan lagi zamannya di era internet.

“Jangan jadikan demo mahasiswa sebagai tujuan sekaligus substansi. Bagi saya, demo hanya instrumental atau alat saja. Jadi harus dipahami secara serius,” paparnya.

“Hari ini terlalu banyak instrumental yang bisa dipakai. Menurut saya harus ada definisi ulang,” jelas Ulla.

Baca Juga : Wakil Ketua DPRD Sulsel Sebut PPKM Tak Efektif Tekan Penyebaran Covid-19

Lebih jauh, Ulla menegaskan gerakan mahasiswa adalah nafas oposisi. Kalau ada gerakan mahasiwa yang tidak oposisi, maka itu gerakan penjilatan.

“Sistem demokrasi kita saat ini sudah sangat rapuh. Sistem parpol sangat sentralistik. Menurut saya ini yang harusnya mewarnai pengkaderan,” sebutnya.

“Internet saat ini sangat mempengaruhi kehidupan kita. Kenapa mahasiwa kita tidak gunakan itu. Tidak lagi harus turun jalan yang sudah norak sekali karena tidak relevan. Kenapa tidak contoh mahasiswa UI. Hanya satu hastage bisa getarkan publik se Indonesia,” katanya.

Baca Juga : Wakil Ketua DPRD Sulsel Sebut PPKM Tak Efektif Tekan Penyebaran Covid-19

Hanya saja, sambung Ulla, bermain di dunia maya sangat tergantung pada kemampuan menulis. Mahasiswa Harus bisa buat narasi yang ringkas tapi pesannya sampai ke publik.

“Makanya mahasiswa harus banyak baca buku dan berdiskusi. Jadi mahasiswa Unhas itu sangat istimewa sekali. Kemewahaan luar biasa. Ada akses guru besar terbaik di Sulsel. Jangan pernah takut salah kalau masih mahasiswa karena kalau sudah keluar tidak boleh salah lagi,” tandasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar21 Oktober 2021 09:32
Danny Beri Penghargaan Ke Aparat Kepolisian Pengungkap Kasus Narkotika
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) memberikan piagam penghargaan kepada aparat kepolisian atas p...
Adventorial21 Oktober 2021 07:32
Permudah Konsultasi Dokter, Manajemen RSUD Parepare Imbau Pasien Manfaatkan Aplikasi ‘SalamaKi’
SULSELSATU.com, Parepare — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare terus menghadirkan Inovasi-inovasi yang bertujuan mempermu...
Adventorial21 Oktober 2021 07:02
Erna Rasyid Taufan Apresiasi TP PKK Soreang Juara I Kebut Vaksin se-Sulsel
SULSELSATU.com, Parepare — Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Soreang berhasil meraih juara I kebut vaksin tingkat kecamatan se-Sulawesi Selatan. ...
Sponsored by MGID
Adventorial21 Oktober 2021 06:53
Istri Wali Kota Parepare Kukuhkan Pengurus Wanita Islam se-Kecamatan
SULSELSATU.com, Parepare — Pengurus Daerah Wanita Islam Kota Parepare menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan itu dirangkaikan dengan pelan...