Logo Sulselsatu

Siap Bangun PLTS di Sulsel, Calon Investor Asal Jepang Temui Andi Sudirman

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 16 November 2021 08:16

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, bersams Presiden Direktur PT. After Fit Indonesia CEO Mr Cato Saito, Manager B2B Project Kemas Aulia, dan Manager Area Sulselbar Syamsul Mubarak, di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Senin 15/11/2021 (Ist)
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, bersams Presiden Direktur PT. After Fit Indonesia CEO Mr Cato Saito, Manager B2B Project Kemas Aulia, dan Manager Area Sulselbar Syamsul Mubarak, di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Senin 15/11/2021 (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menerima kunjungan Presiden Direktur PT. After Fit Indonesia CEO Mr Cato Saito, Manager B2B Project Kemas Aulia, dan Manager Area Sulselbar Syamsul Mubarak, di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Senin, (15/11/2021).

Mereka membahas mengenai rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga surya dengan kapasitas 10 MW (Mega Watt) di Kabupaten Selayar.

PT. After Fit Indonesia yang berpusat di Jakarta bersedia menjadi investor dalam rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga surya dengan kapasitas 10 MW (Mega Watt) di Kabupaten Selayar.

Baca Juga : Rumah BUMN Muna Dorong Pemberdayaan Perempuan Lewat Pelatihan Pengembangan UMKM

Sebelumnya, pihak investor juga telah bertemu dengan Wakil Bupati Selayar, Saiful Arif saat berkunjung ke kabupaten paling selatan Sulsel tersebut. Setelah melihat potensi Sulsel, PT After Fit Indonesia menargetkan lima kabupaten untuk pengembangan PLTS.

Selain di Selayar, Plt Gubernur juga memaparkan beberapa daerah yang memiliki sumber potensi penghasil listrik dari Energi Baru Terbarukan (EBT).

Sudirman Sulaiman mengatakan, setiap daerah di Sulsel memiliki sumber energi terbarukan yang bervariasi. Misalnya potensi energi dari angin atau bayu di Sulsel sebesar 800-2.000 MW. Untuk tenaga surya, punya danau yang luas seperti Danau Tempe, demikian juga di bendungan.

Baca Juga : Viral Beredar Video GBH Mati Lampu, PLN: Terjadi Gangguan Tapi Berhasil Ditangani

“Jadi peluang di Sulsel besar sekali, dan Sulsel adalah tempat paling bagus untuk energi baru terbarukan. Karena kita di seluruh Indonesia yang paling besar,” kata Andi Sudirman.

Pemprov, Kata Andi Sudirman Sulaiman, siap mengawal dari segi kebijakan untuk dikoordinasikan dengan pemerintah pusat. “Intinya kami support, yang paling penting bagi kami masyarakat memiliki penerangan,” sebutnya.

Manager B2B Project PT. After Fit Indonesia, Kemas Aulia berharap, dari pertemuan ini ada tindak lanjut pengembangan pembangkit listrik tenaga surya atau energi terbarukan di Sulsel. Dari pertemuan ini mendapatkan beberapa rekomendasi untuk tempat dilakukan survei lokasi yang berpotensi.

Baca Juga : Merasa Dirugikan, Aliansi Buruh dan Mahasiswa Menggelar Demo di Kantor PLN UID Sulselrabar

“Beberapa daerah yang memiliki potensi yang besar di Sulsel, diantaranya Maros, Pangkep, Jeneponto dan tempat lainnya. Mudah-mudahan kita follow up, ada realisasi yang baik untuk pemenuhan energi terbarukan di wilayah Sulsel,” ujarnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...