Logo Sulselsatu

100 Persen ODF, Kabupaten Takalar Kembali Raih Swasti Saba Wistara

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 17 November 2021 14:22

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)

SULSELSATU.com, TAKALAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar dibawah Kepemimpin Bupati Syamsari Kitta, dan Wakil Bupati Achmad Se’re, kembali meraih predikat kabupaten sehat penganugerahan swasti saba kategori wistara tahun 2021.

Penghargaan ini diterima secara daring oleh Bupati Takalar Syamsari, bersama Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) kabupaten Takalar Dr Irma Andriani, di Baruga I Manindori, Kantor Bupati Takalar, Rabu (17/11/2021).

Agenda penghargaan dua tahunan dari Kemenkes dan Kemendagri tersebut, sebagai apresiasi kepada Kabupaten/Kota yang berhasil membebaskan sedikitnya 60 persen Desa/Kelurahan dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS) atau telah dinyatakan ODF (Open Defecation Free).

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Sebut Abrasi di Takalar Dibutuhkan Penanganan Darurat

Adapun penghargaan yang diperoleh kabupaten Takalar yakni swasti saba kategori wistara merupakan penghargaan tertinggi dengan persentase desa / kelurahan ODF 100%.

Sponsored by MGID

Bupati Takalar Syamsari usai menerima penghargaan menyampaikan bahwa penghargaan ini tidak lepas dari peran seluruh stakeholder dan kerja-kerja tim yang ada di kabupaten Takalar.

“Alhamdulillah, Takalar kembali meraih penghargaan sebagai kabupaten sehat. Penganugrahan swastisaba, Wistara. Penghargaan ini utk semua stakeholder, semua OPD, unsur forkopimda, pengusaha dan masyarakat yang telah berkolaborasi untuk mendukung Kabupaten Takalar meraih 2 kali penghargaan tertinggi di bidang kesehatan,” kata H. Syamsari usai menerima penghargaan.

Baca Juga : Sekda Takalar Tegaskan Izin Tambang Harus Jelas dan Resmi

Sementara itu, Ketua FKS Takalar Dr. Irma Andriani menyampaikan bahwa prestasi ini diraih karena ada komitmen yang tinggi dari Bupati, Forkopimda dan tim pembina.

“Serta kolaborasi yang kuat antara Pemkab Takalar dengan stake holder lainnya seperti forum kabupaten sehat yang merupakan representasi lembaga/organisasi masyarakat, masyarakat dan swasta/pengusaha,” kata Hj. Irma.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa, Selain itu ruang berinovasi untuk menciptakan tatanan kehidupan sehat tumbuh dan terbuka di kab.Takalar. Kehadiran swastisaba ini sangat sinergi dengan visi Takalar menuju masyarakat unggul, sejahtera dan bermartabat.

Baca Juga : Bupati Takalar Beri Materi dalam Workshop Pembentukan PIK-R

“Kita berharap kedepan penghargaan kabupaten sehat swasti saba wistara ini dapat terus kita pertahankan. Ayo Ke Takalar, untuk destinasi bersih, sehat, aman dan nyaman,” papar Hj. Irma yang sekaligus sebagai ketua TP PKK Takalar.

Untuk diketahui predikat kabupaten sehat dengan pengaungerahan swasti saba wistara merupakan yang kedua kalinya diperoleh Kabupaten Takalar. Penghargaan pertama diperoleh pada tahun 2019, dan penghargaan kedua diperoleh pada tahun 2021 ini.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Januari 2022 23:24
Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar, Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Proyek KAT Kemensos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Penyidik Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) resmi menetapkan 4 orang tersangka atas kasus dugaan Korupsi Proyek pem...
Video17 Januari 2022 23:18
VIDEO: Aksi Heroik, Pesepeda Berjaket Ojol yang Kawal Ambulans
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria berpakaian ojol kawal ambulans yang tengah membawa pasien. Dalam video terlihat p...
Ekonomi17 Januari 2022 23:16
Andi Sudirman Sambut Baik Menurunnya Angka Kemiskinan di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan penurunan angka kemiskinan di Sulsel sebagai cap...
Sponsored by MGID
Sulsel17 Januari 2022 22:20
Lewat Aplikasi Maupun ATM, Warga Barru Kini Lebih Mudah Bayar PBB
SULSELSATU.com, BARRU – Warga Barru kini lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, Badan Pendapatan Daerah (Bape...