Logo Sulselsatu

Indonesia Masuk Daftar Negara Penyumbang Polusi Terbesar di Dunia

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Kamis, 16 Desember 2021 09:56

Indonesia menjadi salah satu negara sebagai penyumbang polusi terbesar di dunia (CNN Indonesia)
Indonesia menjadi salah satu negara sebagai penyumbang polusi terbesar di dunia (CNN Indonesia)

SULSELSATU.com – Hasil penelitian terbaru terkait polusi menempatkan 5 negara sebagai penyumbang polusi terbesar di dunia. Negara Indonesia masuk dalam daftar tersebut.

Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan data-data ekologis dari tahun 1850 hingga sekarang. Riset dilakukan oleh Dr. Simon Evans dari Carbon Brief.

Dikutip dari Strait Times, riset ini menunjukkan nama negara penyumbang polusi udara terbesar di dunia. Tiga negara teratas adalah Amerika Serikat (AS), China, dan Rusia.

Baca Juga : VIDEO: Danny Pomanto Prediksi Indonesia Menang 3-2 atas Thailand

Dilansir dari detikcom, ketiga negara itu menyumbang hampir 40 persen dari akumulasi emisi CO2 dari aktivitas manusia.

Sponsored by MGID

“Pada akhir tahun ini, AS akan mengeluarkan lebih dari 509 miliar ton CO2 sejak 1850. Ini mewakili 20,3 persen dari total global, bagian terbesar, dan terkait dengan sekitar 0,2 derajat Celcius pemanasan hingga saat ini,” menurut analisis tersebut.

Di tempat kedua ada China dengan 11,4 persen emisi CO2 kumulatif hingga saat ini dan sekitar 0,1 derajat Celcius pemanasan. China memiliki emisi terkait lahan yang tinggi sejak tahun 1850, tetapi ledakan ekonomi berbahan bakar batu bara sejak tahun 2000 adalah penyebab utama posisinya saat ini.

Baca Juga : BRI Bawa Nasabah Affluent Hadiri World Superbike Championship

Setelah ketiga negara itu, Brasil dan Indonesia duduk di posisi keempat dan kelima. Ini sebagian besar karena deforestasi selama beberapa dekade.

Brasil melakukan deforestasi pada masa kolonialisme. Lahan hutan dibuka untuk menanam tanaman komersial seperti karet, gula dan tembakau.

Deforestasi Brasil dipercepat dengan munculnya peternakan sapi, perkebunan untuk skala industri, seperti kedelai, kelapa sawit, dan penebangan hutan.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Dilakukan Secara Bertahap

Namun andai melihat data per kapita, terdapat perbedaan yang jauh. Dengan perhitungan tersebut, Kanada, AS, Estonia, dan Australia merupakan negara dengan sumbangan emisi terbesar. Sementara itu, negara seperti China, India, Brasil, dan Indonesia keluar dari daftar 10 besar penyumbang polusi.

“Sementara negara-negara ini (China, India, Brasil, dan Indonesia) telah memberikan kontribusi besar terhadap emisi kumulatif global, mereka juga memiliki populasi yang besar, membuat dampaknya per orang jauh lebih kecil,” kata Dr. Evans dalam analisisnya.

“Memang, keempat negara itu menyumbang 42 persen dari populasi dunia, tetapi hanya 23 persen dari emisi kumulatif dari tahun 1850-2021,” dia menambahkan.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video28 Januari 2022 19:20
VIDEO: Sejumlah Guru SMP Negeri 3 Binamu Jeneponto Datangi Polsek Binamu
SULSELSATU.com – Sejumlah Guru SMP Negeri Jeneponto mendatangi Kantor Polsek Binamu di Kelurahan Panaikan, Kecamatan Binamu, Jumat pagi tadi (28...
Video28 Januari 2022 17:56
VIDEO: Penjelasan Lengkap Kasat Reskrim Polres Jeneponto soal Perampasan Mobil
SULSELSATU.com – Berikut ini penjelasan lengkap Kasat Reskrim Polres Jeneponto, AKP Hambali terkait aksi heroik Kanit Tipidkor Polres Jeneponto,...
Makassar28 Januari 2022 15:44
Wujudkan Generasi #Cari_Aman, Honda Gelar Edukasi Safety Riding Bagi Pelajar SMA
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mewujudkan generasi muda taat lalu lintas, Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) gencar kampanyekan #Cari_Aman k...
Sponsored by MGID
Sulsel28 Januari 2022 14:26
Meniti Langkah PT Vale Menuju Masa Depan Hijau di Tanah Sulawesi
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen berkelanjutan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) tidak hanya tentang operasi tambang. Semakin ke sini, PT Val...