Logo Sulselsatu

Wawali Sampaikan Jawaban Pandangan Umum Fraksi DPRD Terkait Ranperda KLA

Andi Fardi
Andi Fardi

Rabu, 20 April 2022 19:29

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Parepare — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melaksanakan rapat paripurna penyampaian jawaban Walikota atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terkait pembahasan Rancangan Peraturan daerah tentang Kota Layak Anak.

Rapat dipimpin Ketua Nurhatina Tipu, Wakil Ketua Tasming Hamid dan Rahmat Sjamsu Alam, dihadiri Wakil Wali Kota Pangerang Rahim, Sekda, Para Asisten, Kepala SKPD dan anggota Legislatif, dilaksanakan di Gedung DPRD, Rabu (20/4/2022).

Kesempatan itu, Pangerang Rahim menyampaikan jawabannya atas pandangan fraksi Gerindra terkait pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah untuk menjamin terpenuhinya hak anak yang diatur dalam Peraturan Daerah nantinya.

“Dalam pelaksanaan Ranperda Kota Layak Anak, pemerintah akan memberikan fasilitas sarana dan prasarana serta akses berkreasi dan berpartisipasi yang dibutuhkan anak, sekaligus mampu melindungi anak dari tindak kekerasan,” ujarnya.

Terkait dengan kejelasan batasan umur anak, hal itu akan menjadi masukan dalam materi Ranperda. Pemerintah, kata Pangerang Rahim, sadar bahwa masa depan ditentukan oleh kualitas generasi penerus.

“Karena itu, salah satu tujuan dari Ranperda ini adalah meningkatkan komitmen pemerintah dalam upaya mewujudkan pembangunan yang peduli terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak,” kata dia.

Menurut Pangerang Rahim, Kota Parepare menguatkan eksistensi sebagai Kota Layak Anak. Dibuktikan pada tahun 2021 berhasil meraih predikat Nindya, satu tingkat dari predikat sebelumnya yaitu kategori Madya.

Menanggapi pandangan Fraksi Golkar terkait maraknya anak jalanan yang dipekerjakan sebagai penjual dan peminta-minta, Pangerang Rahim mengatakan, telah meminta SKPD terkait untuk berkoordinasi menangani persoalan anak jalanan tersebut.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar24 April 2024 13:26
Firman Pagarra Berbagi Inovasi KTR di Forum The 3rd Mayor Meeting For Eastern Indonesia
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memiliki komitmen yang tinggi dalam mengimplementasian Kawas...
Hukum24 April 2024 12:27
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik 5 PPNS
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak melant...
Makassar24 April 2024 09:30
Ketua TP PKK Kota Makassar Apresiasi Pihak di Kecamatan Makassar
Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail dengan penuh rasa bangga mengapresiasi sejumlah pihak di Kecamatan Makassar....
Video23 April 2024 23:59
VIDEO: Presiden Jokowi Beri Sepeda kepada Siswa SMK Rangas Usai Dites Hafalan Pancasila
SULSELSATU.com – Dua Siswa SMK Rangas Mamuju, Sulawesi Barat, Menerima Sepeda dari Presiden Jokowi Setelah Tes Hafalan Pancasila. Momen di mana ...