Logo Sulselsatu

Simpati Pemindahan Kalapas Parepare, Warga : Beliau Orang Baik

Andi Fardi
Andi Fardi

Kamis, 04 Agustus 2022 17:17

Simpati Pemindahan Kalapas Parepare, Warga : Beliau Orang Baik

SULSELSATU.com, Parepare — Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Parepare, Zainuddin, dipindahkan ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulsel, lantaran dugaan pungli, dan masih dalam pemeriksaan internal.

Hal itu mendapat respon dari warga sekitar, salah satunya Andi AS yang menyayangkan pemindahan Zainuddin.

Andi AS menilai, selama menjabat sebagai Kalapas, Zainuddin dikenal baik dan ramah kepada warga yang bermukim tidak jauh dari Lapas Kelas IIA Parepare.

“Sebelum beliau (Zainuddin) jadi Kalapas di sini, banyak mobil yang keluar masuk di lapas saat tengah malam, belum lagi kendaraan tamu dalam lapas parkirnya di depan rumah, sangat menggangu. Semenjak Pak Zainuddin, sudah tidak ada,” ungkapnya.

“Bukan cuma itu, selama puluhan tahun saya tinggal dekat lapas ini, baru Kalapas Zainuddin yang sering bertegur sapa dengan warga, biasa datang ke rumah silahturahmi,” tambahnya.

Polemik itu pun mendapat perhatian dari advokat kondang H. Guntur P. Said, SH.

Menurut Lawyer yang sering beracara di ibukota negara ini, pergeseran pejabat di Lapas Kelas IIA Parepare oleh pihak Kanwil Sulsel mestinya telah melalui sidang majelis kode etik untuk membuktikan apakah benar terjadi dugaan pungli atau tidak.

“Harusnya sebelum dinonaktifkan sebagai pejabat kalapas, yang bersangkutan ditegur dulu, dipanggil dan diminta klrafikasinya terkait issu yg menerpa diri pribadinya,” katanya.

“Jika perbuatan yang dituduhkan sangat serius, maka pejabat yang bersangkutan sejatinya menjalani sidang dimajelis kode etik untuk diperiksa oleh pejabat yang ditunjuk. Tidak ada satupun manusia yang mampu mendiskriminasi atau menzolimi orang tanpa bukti,” tandas H. Guntur P. Said, SH., yang juga merupakan Ketua Ormas DPW RGPI Sulsel.

Menurut Pengacara dan CEO Founder Guntur Law Firn ini, polemik ini terjadi diduga karena adanya beberapa oknum yang tidak senang dengan pola kepemimpinan Zainuddin sebagai kepala lapas Parepare sehingga diduga melakukan konspirasi.

Terpisah Kepala Lapas Kelas IIA Parepare, Zainuddin mengatakan, dugaan pungli yang dituduhkan kepadanya masih dalam pemeriksaan internal oleh Kanwil Kemenkumham Sulsel.

“Masih diperiksa, dan saya yakin kebenaran akan terungkap. Saya tidak pernah melakukan apa yang dituduhkan, di sini kita hanya bekerja, bagaimana Parepare ini khususnya di dalam lapas bersih dari praktik pungli,” tandasnya.

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...