Logo Sulselsatu

Peringati Hari Jantung Sedunia, Sekda Gowa Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 02 Oktober 2022 19:29

Kegiatan World Heart Day dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovascular Indonesia (PERKI) Cabang Makassar (dokumen: ist)
Kegiatan World Heart Day dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovascular Indonesia (PERKI) Cabang Makassar (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, GOWA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina mengajak agar masyarakat mulai menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Imbauan ini menjadi perhatian Kamsina saat membuka Kegiatan World Heart Day dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovascular Indonesia (PERKI) Cabang Makassar.

Kegiatan ini bekerja sama Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Sulawesi Selatan di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Minggu (2/10/2022).

Baca Juga : Sekda Gowa Dampingi Mentan RI Tinjau Ketersediaan Hewan Kurban, Pastikan Stok Aman Jelang Idul Adha

Kamsina dalam sambutannya mengatakan, penyakit jantung dan pembuluh darah masih menjadi ancaman dunia dan merupakan penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia.

“Sehingga dalam peringatan Hari Jantung Sedunia ini diharapkan masyarakat lebih sadar dan mengerti tentang bahaya dan cara mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah,” ujarnya.

Kamsina menyebutkan, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lebih dari 17 juta orang di dunia tiap tahunnya meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Sehingga menurutnya, meningkatkan kesadaran tentang penyakit jantung sangat penting tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga untuk orang-orang disekitar.

Baca Juga : Sukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Pemkab Gowa Bimtek Penerapan Penggunaan PDN dan TKDN

Lanjut Kamsina, untuk menurunkan beban penyakit jantung dan pembuluh darah di Indonesia tidak hanya tugas salah satu pihak, namun peran serta semua lapisan masyarakat.

“Saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama-sama untuk menurunkan insidensi dan beban penyakit kardiovaskular dimulai dari langkah yang sederhana yaitu dengan rutin memeriksakan kesehatan jantung melalui pemeriksaan EKG,” lanjutnya.

Olehnya itu, dirinya berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini masyarakat dapat datang untuk memeriksakan kesehatan jantungnya. Memperoleh informasi mengenai penyakit jantung langsung dari dokter ahlinya serta diharapkan masyarakat dapat menyampaikan informasi yang diperoleh kepada sanak keluarga yang lain.

Baca Juga : Sekda Gowa Hadiri Pemilihan Duta Anak 2023, Harap Jadi Agen 2P Menuju Kesejahteraan Anak

“Pemkab Gowa juga menyampaikan terima kasih kepada PERKI atas dipilihnya Gowa sebagai lokus kegiatan World Heart Day tahun 2022 ini. Semoga kegiatan ini memberikan kontribusi terhadap kesehatan jantung dalam mendeteksi dini terhadap penyakit jantung,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Cabang Makassar, dr. Abdul Hakim Alkatiri mengatakan, penyakit jantung masih menjadi pembunuh no 1 di dunia. Sehingga menurutnya bakti sosial seperti penyuluhan kesehatan jantung sangat penting dilakukan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan jantung serta kesadaran akan pentingnya kesehatan jantung sehingga kedepannya sapat menurunkan kejadian kematian akibat penyakit jantung di masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga : Sekda Gowa Harap Monev PPID Hasilkan Langkah Konkret Peningkatan Pelayanan Publik

Dirinya mengungkapkan, berdasarkan data, bahwa di Sulsel dalam satu hari orang yang mengalami serangan jantung kurang lebih 36 orang. Artinya dalam satu jam sekitar satu sampai dua orang yang terkena serangan jantung. Jika distribusi per kabupaten diyakini bahwa setiap hari satu kabupaten minimal satu orang yang mengalami serangan jantung.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...