Logo Sulselsatu

KPPU Gelar Workshop Persaingan Usaha Libatkan Puluhan Wartawan

Asrul
Asrul

Jumat, 25 November 2022 14:21

KPPU Gelar Workshop Persaingan Usaha Libatkan Puluhan Wartawan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah VI menggelar workshop Persaingan Usaha dengan melibatkan puluhan wartawan dari berbagai media di Makassar.

Kegiatan berlangsung pada 24 sampai 26 November 2022 di Wisata Pantai Galesong, Kabupaten Takalar.

Hadir langsung Kepala Kantor Wilayah KPPU Makassar Hilman Pujana, Kabag Administrasi Dahliana Tanur serta Kabid Penegakan Hukum Charisma Desta Ardiansyah.

Baca Juga : KPPU Bedah Risiko Penyimpangan Pengadaan Barang dan Jasa Perspektif Persaingan Usaha

Dalam kesempatan itu, Hilman menegaskan pentingnya sinergitas antara KPPU dan media, untuk menguatkan peran masing-masing.

“Workshop ini kita ingin saling menguatkan, teman-teman media bisa memberi saran dan masukan ke kami, karena jujur saja tidak semua staf di KPPU paham kehumasan dan ilmu dasar-dasar jurnalistik,” ujar Hilman di awal pemaparan.

KPPU kata Hilman memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menjaga ekosistem usaha agar tetap sehat dan terjaga. Sehingga tidak terjadi adanya monopoli, kartel dan predator usaha. Fungsi lainnya adalah memberikan masukan dan memberikan treatmen bagi para pelaku usaha dan pemerintah terkait dengan regulasi.

Baca Juga : Penguatan Perekonomian melalui Program Kelonggaran Pembayaran Denda Sebagai Upaya Pelaksanaan Putusan KPPU

”Jadi perlu dipahami apa sih fungsi dan manfaat keberadaan KPPU, terutama bagi dunia usaha. Dimana kalau diumpamakan, kolam ikan, maka KPPU berfungsi untuk tetap menjaga ekosistem kolam aman, sehat dan tidak ada predator yang saling memangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Hilman juga banyak mengulas soal harga-harga sembako yang terjadi dipasaran. Salah satunya soal harga cabe yang sering tidak stabil. Bahkan harga yang kadang terlalu tinggi saat stok pasar menurun, namun disaat yang bersamaan juga terjadi pengiriman barang keluar daerah. Namun saat panen, harga juga anjlok dan terkadang merugikan petani.

“Jadi KPPU juga memiliki fungsi untuk melihat fenomena dan gejolak di pasar. Nantinya KPPU bisa melakukan penelitian dipasar,” ujarnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi03 Desember 2022 06:45
Sulsel Inflasi 0,25 Persen di November 2022, Lebih Tinggi dari Nasional
Sulsel inflasi sebesar 0,25 persen, lebih tinggi dari nasional...
Politik02 Desember 2022 23:28
Kunjungan Anies Baswedan ke Sulsel Dimajukan, NasDem Maros Matangkan Persiapan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Maros, siap menyambut kedatangan Calon Presiden pilihan NasDem An...
Makassar02 Desember 2022 22:16
Efisiensi Waktu Tempuh dan Bersubsidi, Makassar ke Bone Jalur Udara Hanya 30 Menit
SULSELSATU.com, MAROS – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meresmikan penerbangan perdana SUSI Air rute Makassar – Bone di B...
Video02 Desember 2022 21:47
VIDEO: DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI
SULSELSATU.com – Rapat internal Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Rapat internal Komisi I DPR RI yan...