Logo Sulselsatu

Biaya Haji Naik Jadi Rp69 Juta, Begini Rinciannya

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 21 Januari 2023 13:50

Biaya haji naik jadi Rp69 juta (dokumen: Direktorat Jenderal Imigrasi)
Biaya haji naik jadi Rp69 juta (dokumen: Direktorat Jenderal Imigrasi)

SULSELSATU.com – Pemerintah Indonesia mengusulkan menaikkan biaya haji menjadi Rp69 juta per orang. Usulan tersebug kemudian mendapat komentar dari Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono.

“Intinya bahwa memang betul bahwa biaya masyair naik tinggi. Akhirnya betul bahwa biaya haji naik jadi hampir (Rp) 100 juta karena masyair naik,” kata Eko dikutip dari CNNIndonesiacom, Sabtu, (21/1/2023).

Munculnya kenaikan biaya haji ini karena sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan kenaikan biaya haji demi menjaga keberlangsungan dana nilai manfaat di masa depan.

Baca Juga : BRI Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jamaah Haji 2024

Dikutip dari detikcom, Majelis Ulama Indonesia (MUI) kemudian mengklaim kenaikan biaya haji ini juga terjadi lantaran Saudi menaikkan tarif masyair dari 1.000 riyal (sekitar Rp 4 juta) menjadi 5.600 riyal (sekitar Rp 22 juta).

masyair merupakan layanan transportasi dan akomodasi jemaah dari Mekkah ke Arafah. Eko mengklaim bahwa pemerintah Saudi memang menaikkan biaya masyair.

Dari rincian Yaqut, biaya haji 2023 yang diusulkan akan mencakup biaya penerbangan ke Arab Saudi (PP) sekitar Rp33 juta.

Baca Juga : Kartu Perdana Umrah dan Haji Smartfren, Kuota 12 GB dengan Masa AKtif Hingga 14 Hari

Kemudian, akomodasi di Mekkah sebesar Rp18,7 juta, akomodasi di Madinah Rp5,6 juta, dan biaya hidup sekitar Rp4 jutaan. Selain itu, terdapat biaya visa sebesar Rp1.224.000 dan paket layanan masyair Rp5.540.109.

Dengan demikian, total biaya haji melonjak hampir dua kali lipat dari tahun lalu yang hanya sebesar Rp 39,8 juta.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrurrozi menilai lebih baik jika usulan kenaikan itu dikurangi.

Baca Juga : Lantik Pengurus Majelis Ulama Indonesia Kota Makassar, Ketua Umum MUI Sulsel Sebut Tiga Tugas

“Jika mungkin dilakukan efisiensi dan pengurangan biaya yang bisa dilakukan, tentu lebih baik,” kata pria yang akrab disapa Gus Fahrur itu kepada CNNIndonesiacom.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah jemaah haji terbanyak di dunia. Untuk kuota haji dari RI tahun ini sebanyak 221 ribu orang, sesuai nota kesepahaman (MoU) pemerintah Indonesia dengan Saudi pada 9 Januari.

Lebih rinci, jumlah tersebut terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga28 April 2024 13:02
Selamat! Pembalap Astra Motor Racing Team Raih Podium Pertama Race 1 Kelas Utama Oneprix 1
Pembalap Astra Motor Racing Team Andi Gilang tampil luar biasa dalam race 1 Kelas Utama Oneprix 1 di Sirkuit Ratona Motor Sport Palopo, Sulawesi Selat...
Sulsel28 April 2024 12:27
Heboh! Sosialisasi Layanan Kargo Haji oleh PT Pos Indonesia Persero KC Parepare disambut dengan antusias oleh Calon Jemaah Haji
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pos Indonesia (Persero) KC Parepare melakukan Sosialisasi terkait Layanan Kargo Haji di Masjid Agung Enrekang, Sab...
OPD28 April 2024 09:55
Dinas PU Makassar Sebut Pembangunan Septik Tank Individual Dibangun Sesuai Aturan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menyebut Pembangunan tangki septik di Kota Makassar melalui APBD telah dilaks...
Video27 April 2024 23:24
VIDEO: Terekam CCTV, Aksi Pencurian Pakaian Dalam Wanita di Kabupaten Bone
SULSELSATU.com – Aksi pencurian pakaian dalam di Kabupaten Bone menimbulkan kekhawatiran. Dalam rekaman CCTV, seorang pria terlihat melakukan pe...