Logo Sulselsatu

Mengukur Kekuatan Andi Iwan Aras di Dapil Sulsel 2 Tanpa Rudianto Asapa

Asrul
Asrul

Senin, 30 Januari 2023 11:13

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras akan kembali bertarung pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang.

Pada Pileg 2024 adalah pertarungan ketiga kalinya bagi Andi Iwan. Ketua Kadin Sulsel itu maju pertama kali mengendarai Partai Gerindra di Dapil Sulsel 2 pada tahun 2014 dan menang.

Lalu untuk periode kedua, kembali maju pada tahun 2019 juga menangmenang dengan perolehan 84.682 suara.

Baca Juga : Legislator DPRD Sulsel Henny Latif Divonis 4 Bulan Penjara Kasus Pidana Pemilu

Andi Iwan keluar sebagai peraih suara terbanyak di Dapil 2 sementara itu pesaingnya almarhum Rudianto Asapa hanya meraih 83.284 suara.

Lalu, pada Pileg 2024 Andi Iwan mampu mempertahankan kursinya sebagai wakil rakyat di Senayan tanpa almarhum Rudianto Asapa?

Ketua Bappilu DPD Gerindra Sulsel Harmansyah mengatakan menuturkan memang pihaknya sempat mengalami sedikit kendala dalam rekrutmen Bacaleg di Dapil Sulsel 2 DPR RI.

Baca Juga : Tim Fadel Tauphan Ansar Klaim Gerindra Amankan 2 Kursi DPRD Sulsel Dapil Makassar A

Pada dapil yang meliputi Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Soppeng, Wajo, Bone, Sinjai dan Bulukumba itu, beberapa kader kurang percaya diri untuk bertarung mendampingi Andi Iwan.

Dominasi suara Ketua DPD Gerindra Sulsel membuat sejumlah kader ciut nyali sebelum bertarung.

“Untuk DPR RI Sulsel 1 dan 3 itu sudah penuh pendaftar. Sehingga kami yakin bisa mencapai 5-6 kursi DPR-RI. Hanya saja, untuk sementara di dapil Sulsel 2 itu kami masih perlu meyakinkan para kader penantang potensial untuk turut bertarung bersama Ketua DPD pasca kepergian almarhum (Rudianto Asapa),” ungkapnya.

Baca Juga : Survei Caleg DPRD Sulsel Versi GSI di Bone, Yasir Mahmud Peringkat Pertama

Meski begitu, Gerindra Sulsel akan mencari cara agar sejumlah tokoh bisa menjadi Bacaleg Gerindra untuk Dapil Sulsel 2 DPR RI.

Informasi yang dihimpun Sulselsatu.com, nama mantan Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid dan Dirut Perseroda Yasir Mahmud akan maju ke Senayan lewat Partai Gerindra di Dapil Sulsel 2.

Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir meyakini, kemampuan Andi Iwan dalam meramu strategi pemenangan di Pileg akan maksimal. Termasuk, mencari tandem maju ke Senayan di Dapil Sulsel 2 nantinya.

Baca Juga : Fadel Tauphan Ansar Komitmen Wujudkan Peran Pemuda dan Pemulihan Ekonomi Lokal

“Analisa saya, kalau satu kursi untuk Gerindra di Dapil Sulsel 2 itu sudah dimiliki oleh Andi Iwan Aras. Tinggal mencari tokoh yang mampu merebut posisi kedua,” kata Suwadi saat dihubungi via telepon, Senin (30/1/2023).

Andi Iwan kata Suwadi adalah “barang jadi”, mengingat saat Pileg 2014 dan 2019 dia mampu memenangi pertarungan tanpa memegang jabatan ketua di struktur partai.

“Dengan posisi Ketua DPD Gerindra Sulsel sekarang, bukan sesuatu yang berat untuk terpilih lagi. Saya dapat kabar, beliau selain punya kekuatan di struktur juga mau berkorban duit jadi memang kekuatannya sangat kuat,” jelasnya.

Baca Juga : Fadel Muhammad Usai APK-nya Dirusak OTK: Mari Jaga Kondusivitas Politik di Tengah Masyarakat

Suwadi juga meyakini perolehan suara Andi Iwan dan Gerindra akan naik signifikan. Faktornya selain figur Andi Iwan dan mesin partai, ada dua Bupati di Dapil tersebut berstatus kader Partai Gerindra.

“Bupati Bulukumba dan Sinjai, tentu akan bekerja maksimal bagaimana agar suara partai bisa lebih besar. Saya dapat informasi, Bupati Bulukumba menjanjikan suara sekitar 100 ribu, ini saja sudah bisa satu kursi,” tutur Suwadi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...