Logo Sulselsatu

Di Hadapan Pengusaha Sulsel, Jusuf Kalla Berbagi Pengalaman dan Rahasia Berbisnis

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 31 Januari 2023 12:11

Jusuf Kalla bersama pengusaha Sulsel dalam pertemuan bertajuk Dari Pengusaha ke Pengusaha untuk Masa Depan Indonesia (dokumen: istimewa)
Jusuf Kalla bersama pengusaha Sulsel dalam pertemuan bertajuk Dari Pengusaha ke Pengusaha untuk Masa Depan Indonesia (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Presiden ke-10 dan 12 Republik Indonesia yang juga Founder and Advisor KALLA HM Jusuf Kalla bersilaturahmi bersama ratusan pengusaha di Saoraja Ballroom Wisma Kalla, Senin (30/1/2023).

Ia meminta pengusaha di Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk saling berbagi pengalaman untuk meningkatkan kapasitas dalam berbisnis. Pertemuan bertajuk ‘Dari Pengusaha ke Pengusaha untuk Masa Depan Indonesia’, Jusuf Kalla mengawalinya dengan melihat kondisi pengusaha sebelum masa kemerdekaan.

Saat itu kata Jusuf Kalla, nyaris tidak ada pengusaha pribumi yang menonjol. Nanti di tahun 1950-an barulah pengusaha mulai bertumbuh. Bahkan di tahun 1960-1970-an, pengusaha di Sulsel punya bank, seperti La Tunrung punya Bank Antar, Muhammadong Bank Masyarakat, Syamsuddin Mangawing Bank Pembangunan Sulawesi, dan Andi Sose punya Bank Marannu. Semuanya hebat-hebat.

Baca Juga : Program Desa BRILian BRI Berhasil Berdayakan 194 Desa di Sulsel

“Setidak-tidaknya ada 40-an pengusaha besar di Sulsel bertumbuh yang saya catat sewaktu menjadi Ketua Kadin. Tetapi kemudian, pertanyaannya dari sekian banyak pengusaha besar itu hampir semua berjalan hanya satu generasi. Begitu pendirinya tidak ada, kondisinya menurun,” ungkapnya.

Oleh karena itu, saat KALLA sudah 70 tahun, perayaannya digelar dengan sedikit besar. Selain di Makassar, ada pula di Jakarta. “Kita ingin membuktikan bahwa kita juga bisa berkembang jauh selama kita membuat regenerasi yang baik,” ujar JK sapaan karib Jusuf Kalla.

Dalam momen silaturahmi, Jusuf Kalla ingin pengusaha berkumpul untuk membicarakan masa depan. “Karena masa depan milik Anda semua, bagi saya sudah masa lalu. Saya lalui hampir banyak hampir hal. Saya di bisnis 35 tahun, di pemerintahan hampir 20 tahun dan sebelumnya tentu di sekolahan dan sebagaianya,” ungkapnya.

Baca Juga : Telin Operation and Command Center Jadi Langkah Telin Perkuat Bisnis Global

“Jadi, kenapa saya kumpul pengusaha di sini, bagaimana kita meningkatkan kapasitas pengusaha dengan saling berbagi pengalaman. Untuk itu, dalam kesempatan ini, saya ingin menukar pengalaman,” imbuh Jusuf Kalla.

Menurutnya, peran pengusaha sangatlah penting bagi pembangunan. Dari mana pembangunan pajak? 80 persen pendapatan permerintah dari pajak. Kemudian, pajak berasal dari pengusaha.

“Jadi, pada dasarnya, pemerintah juga membangun dari pengusaha. Lapangan kerja juga semua sumbernya dari pengusaha,” ungkap Jusuf Kalla.

Baca Juga : Tangkap Peluang Bisnis Kue Tradisional, Kue Tampah Buka Dua Outlet di Makassar

Sementara itu, Ketua Himpunan pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel Andi Rahmat Manggabarani menyebutkan, total pengusaha muda yang berkecimpung di HIPMI saat ini berksar 2.000-3.000 orang. Jenis usahanya pun berbeda-beda, baik pengusaha yang baru merintis maupun pengusaha yang mendapat bisnis dari orang tuanya.

“Kita manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan inpsirasi dari Jusuf Kalla agar kita bisa tak hanya merintis, tetapi bagaimana membuat usaha berkesinambungan sehingga dapat mengikuti jejak Kalla Group sampai generasi ketiga. Saya berharap saat teman-teman HIPMI setelah keluar dari ruangan ini bisa jadi The Next Jusuf Kalla,” tuturnya.

Ketua Asosiasi pengusaha Indonesia (APINDO) Sulsel Suhardi berharap kegiatan ini dapat menjadi pemicu akan lahirnaya generasi pengusaha yang terus tumbuh di Sulawesi Selatan. Dimana saat ini sudah memasuki generasi ketiga dan kedua. Namun, banyak pula yang generasinya sudah hilang.

Baca Juga : IOH Bersama Netcracker Perkuat Tingkatkan Inisiatif Broadband Generasi Berikutnya

“Kita sama-sama berharap dapat kembali pada kejayaan Makassar dan Sulsel dimana dulunya merupakan hub perdagangan di Indonesia Timur yang saat ini hanya menjadi hub transportasi saja,” ujar Suhardi.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Sulsel A Iwan Darmawan Aras, mengatakan, para pengusaha telah menghadapi pandemi yang merupakan bukan mudah selama beberapa tahun terakhir. Namun, dengan berkolaborasi, para pengusaha dapat menghadapinya dan bangkit kembali serta bagiamana membuat usaha berjalan.

Ia pun memngungkapkan, kendala terbesar saat ini ialah jumlah pengusaha yang masih sangat minim. Hal tersebut diakbiatkan oleh mindset dahulu yang lebih cenderung memilih bekerja dengan profesi yang berbeda, termasuk ASN ataupun militer. Jarang yang berpikir jadi pengusaha.

Baca Juga : TelkomGroup Perkuat Portofolio Bisnis, NeutraDC Selesaikan Konsolidasi Data Center Telin Singapore

“Ini menjadi PR kita untuk mengubah mindset tersebut. Olehnya itu, peretemuan ini menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan wejangan dan melihat berbagai keberhasilan Pak JK agar kita semua mampu membangun dan mempertahankan bisnis kita, bahkan sampai empat generasi,” ungkapnya.

Dalam siaturahmi tersebut, Kalla Institute bersama HIPMI Sulsel dan APINDO Sulsel juga meneken MoU dalam mengembangkan sumber daya manusia yang unggul. Salah satunya dengan menyiapkan berbagai program dalam mendorong pengembangan wirausaha di kalangan anak muda, khususnya mahasiswa.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...