Logo Sulselsatu

Pemkab Pangkep Keciprat Bantuan Keuangan Pemprov Rp23,2 Miliar

Asrul
Asrul

Kamis, 02 Februari 2023 09:27

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan keuangan senilai Rp23,2 miliar untuk Pemkab Pangkep. Secara simbolis diterima langsung Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau, di Rujab Gubernur Sulsel, Rabu, 1 Februari 2023.

Bantuan keuangan tersebut, untuk pembangunan pengolah sampah metode Refused Derived Fuel (RDF), jalan penunjang kereta api, arsinum, dan subsidi Trans Andalan Sulsel.

“Alhamdulillah Rp23,2 Miliar Bantuan Keuangan kami berikan kepada Bupati Pangkep untuk membangun Refused Derived Fuel atau RDF ini, jalan akses ke Kereta Api, Arsinum dan Subsidi Trans Andalan Sulsel,” kata Andi Sudirman.

Baca Juga : Tinjau Bendungan Jenelata, Pj Gubernur Bahtiar Pastikan PSN di Sulsel Tanpa Hambatan

RDF merupakan teknologi pengelolaan sampah yang akan mengubah sampah menjadi lebih berguna. Di antaranya digunakan sebagai bahan bakar tungkuh Pabrik Semen PT Tonasa selaku off taker dan lainnya.

“Hal ini juga akan menjadi PAD tambahan bagi Kabupaten Pangkep dengan system Clean Energy,” lanjut gubernur.

Dirinya berharap bahwa nantinya sampah-sampah yang ada di Kabupaten Pangkep ataupun di daerah Sulawesi Selatan, itu bisa diubah menjadi Clean Energy dengan metode RDF tersebut.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel dan Pangdiv 3 Kostrad Lepas 10 Truk Bantuan untuk Korban Banjir di Luwu

“Kerjasama ini tentunya akan dilakukan melalui sharing anggaran antara Pemprov Sulsel, Pemkab Pangkep dan PT Semen Tonasa. Proyek ini ditargetkan selesai tahun ini agar segera dimanfaatkan,” tuturnya.

Selain itu juga, akan dilakukan bantuan untuk Arsinum Kepulauan Pangkep secara bertahap termasuk Pangkep menjadi target system transportasi terintegrasi Trans Andalan Sulsel.

Bantuan juga akan diarahkan untuk kemiskinan ekstrim, penanganan stunting dan UMKM.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...