Logo Sulselsatu

Ismail Bahtiar Sebut Jawa Sentris Bukan Lagi Kunci Pemenangan Pilpres

Asrul
Asrul

Senin, 15 Mei 2023 18:54

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Politisi milenial PKS Ismail Bahtiar punya pandangan khusus terkait kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Ismail menyampaikan saat ini telah mengurucut pada tiga poros yang akan menghasilkan jagoan masing-masing, pertama Anies Rasyid Baswedan, kedua Prabowo Subianto dan ketiga Ganjar Pranowo.

Ismail menepis wacana yang berkembang bahwa Jawa sentris akan menjadi kunci kemenangan Pilpres. Menurutnya tiga tokoh yang digadang-gadang sebagai kandidat Capres ini semuanya berdarah Jawa.

Baca Juga : PKS Sulsel Sodorkan Paket Andi Utta-Isnayani di Pilkada Bulukumba

“Sehingga menurut saya, sesungguhnya kunci kemenangan di Pilpres 2024 adalah yang menggandeng tokoh kawasan Indonesia Timur. Kita ada tokoh seperti Pak Syahrul Yasin Limpo, Andi Amran Sulaiman, Pak Sandiaga Uno dan beberapa tokoh lain,” tuturnya, Senin (15/5/2023).

Lebih jauh, Bacaleg PKS DPR RI Dapil Sulsel 2 itu menjelaskan bahwa basis Anies, Prabowo dan Ganjar semua terpusat di Jawa, lalu bila mengincar kandidat Cawapres juga berasal dari Jawa kekuatan untuk menang Pilpres agak berat.

“Perlu diketahui bahwa momen-momen politik nasional di Indonesia banyak juga dipengaruhi oleh tokoh dari kawasan Indonesia Timur, contoh paling konkret adalah Pak Jusuf Kalla, beliau dua kali jadi Cawapres dengan Capres yang berbeda bisa memenangkan pertarungan Pilpres,” jelas Ismail.

Baca Juga : Annar Sampetoding Legawa Bila Tak Diusung PKS Maju Pilgub

Anggota DPRD Susel itu menyampaikan bahwa Sulsel secara khusus dan Pulau Sulawesi secara umum tidak pernah kehabisan tokoh untuk dipinang sebagai Cawapres.

“Ketokohan Pak SYL yang berkarir dari bawah dan sekarang jabat Menteri Pertanian, apalagi yang kita ragukan. Pak Sandi dengan kemampuan beliau saat ini membenahi dunia pariwisata kita, termasuk Pak Andi Amran kan, beliau tokoh kawasan Indonesia Timur yang punya kemampuan leadership yang kuat,” ungkap politisi asal Bone ini.

Meski begitu, Ismail menegaskan bahwa siapa pun Cawapresnya dari kawasan Indonesia Timur, Presidennya adalah Anies Baswedan.

Baca Juga : Presiden PKS Ajak Kader Solid Menangkan Amri Arsyid di Pilwalkot Makassar

Hal senada pernah ditegaskan oleh Ketua DPW PKS Sulsel M Amri Arsyid, dia menyampaikan bahwa nama Andi Amran Sulaiman (mantan Menteri Pertanian) dan Zulkieflimansyah (Gubernur Nusa Tenggara Barat) jadi kandidat kuat usulan PKS untuk mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

“Sebenarnya selain Pak Amran, ada juga nama Pak Zulkieflimansyah Gubernur NTB, dan sejumlah tokoh dari Maluku, yang menguat di Indonesia Timur. Inilah yang sedang kita jajaki. Tapi yang pasti, kita juga sudah komunikasi di internal PKS, khususnya beberapa DPW PKS di Indonesia Timur, dan insya Allah mereka memberikan respon yang positif,” kata Amri.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama24 Juli 2024 09:21
Dandim 1425 Jeneponto Kerahkan Babinsa Dampingi Petugas Kesehatan Pemberian Vaksin Imunisasi Polio
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Usai menghadiri acara pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kabupaten Jeneponto tahun 2024. Komand...
Hukum24 Juli 2024 08:32
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Jalannya SKD Catar POLTEKIM dan POLTEKIP
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menggelar tes Seleksi Kompetens...
Bisnis24 Juli 2024 07:47
P3SRS 31 Sudirman Suites Solusi Pengelolaan Efektif untuk Nilai Hunian yang Terjaga
31 Sudirman Suites langsung dihuni dengan okupansi saat ini telah mencapai 89 unit terhuni. Pengelola atau Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rum...
Video23 Juli 2024 23:53
VIDEO: Rumah Kebakaran di Tengah Bencana Banjir di Halmahera Tengah
SULSELSATU.com – Bencana banjir terjadi di Weda Tengah, Halmahera Tengah, Maluku Utara. Di tengah banjir bandang, sejumlah rumah warga mengalami...