Logo Sulselsatu

PT Vale Siapkan Tenaga Kerja Lokal Morowali Mampu Berdaya Saing

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 25 Mei 2023 09:38

Pelatihan tenaga kerja lokal PT Vale di Kabupaten Morowwali agar dapat berdaya saing (Foto: Istimewa)
Pelatihan tenaga kerja lokal PT Vale di Kabupaten Morowwali agar dapat berdaya saing (Foto: Istimewa)

SULSELSATU.com, MOROWALIPT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) kembali menyelenggarakan Pelatihan Tenaga Kerja Lokal Angkatan II. Pelatihan ini sebagai bagian dari komitmen perseroan dalam mempersiapkan tenaga kerja lokal yang berdaya saing.

Pembukaan pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Bahomoahi, Kecamatan Bungku Timur, Selasa (23/5/2023). Pelatihan kali ini berfokus pada tiga bidang, yaitu Kelistrikan, Pengelasan (Welding) dan Komputer Dasar.

Menjadi Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale di Morowali, kegiatan ini diharap dapat mendorong partisipasi talenta lokal Morowali agar bisa berkarir. Terkhusus dalam industri pertambangan dengan mengusai berbagai keterampilan dan pengetahuan sesuai kebutuhan industri.

Baca Juga : PT Vale Tegaskan Komitmen Keberlanjutan dalam Sustainability Report 2023

Pelatihan diikuti 64 peserta yang berasal dari 13 desa pemberdayaan PT Vale di area Mine Site Morowali. 10 peserta peserta dari dua desa pemberdayaan BNSI di Site Sambalagi. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua bulan dan berakhir pada Juli mendatang.

Project Director PT Vale Indonesia Growth Project (IGP) Morowali Topan Prasetyo menyampaikan, makna kehadiran PT Vale di Bumi Tepe Asa Moroso Kabupaten Morowali, adalah untuk mewujudkan komitmen memprioritaskan talenta lokal dalam kegiatan usahanya.

Kata Topan, pelatihan ini diharapkan dapat menjawab tantangan terbesar di Kabupaten Morowali terkait ketersediaan tenaga kerja lokal yang terampil dan berdaya saing. Dengan begitu dapat terserap dan bergabung dalam keberagaman PT Vale.

Baca Juga : Mahasiswa UHO Studi Lapang Pengelolaan Lahan Pascatambang PT Vale IGP Pomalaa

“Salah satu tantangan terbesar di Morowali yaitu kurangnya sumber daya manusia lokal yang memiliki keterampilan, khususnya di bidang industri,” kata Topan.

Topan menjelaskan, semoga program ini menjadi bagian dari ikhtiar PT Vale dalam menjawab tantangan tersebut. Meningkatkan posisi tawar para peserta sehingga lebih mudah diterima bekerja di mana saja, tanpa terkecuali di PT Vale.

“Perseroan membuka seluas-luasnya peluang dan kesempatan kerja bagi warga lokal Morowali untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja kita,” jelasnya.

Baca Juga : MIND ID Puji Keseriusan PT Vale IGP Pomalaa Terapkan Pertambangan Berkelanjutan

Kepala Desa Bahomoahi Asep Anwar Musyadat menyampaikan apresiasi tinggi kepada PT Vale yang telah membuka kesempatan bagi warga lokal untuk dapat mempersiapkan diri menyambut pesatnya investasi dan pertumbuhan industri di Kabupaten Morowali.

Ia berharap ada pelatihan-pelatihan susulan di berbagai bidang, agar masyarakat bisa lebih banyak terserap di industri dengan keterampilan yang beragam.

“Terima kasih kepada PT Vale yang telah membantu anak-anak kita untuk bisa lebih berdaya saing di tengah gencarnya investasi masuk di Kabupaten Morowali. Semoga ada penambahan bidang pada pelatihan selanjutnya, seperti K3, operator alat berat dan bahasa asing,” ungkap Kades.

Baca Juga : PT Vale IGP Pomalaa Dorong Kewirausahaan Ormas dan Kepemudaan Lewat Business Model Competition

Hal senada diungkapkan Yanty Arundanti, salah satu peserta Pelatihan Komputer Dasar. Ia mengaku program ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, sebab hal ini dapat menjadi ruang untuk meningkatkan kapasitas anak daerah. Nanti ke depannya, bisa bersaing dan berkarya di industri mana pun sesuai kemampuan yang dimiliki.

“Sebagai anak daerah, ini adalah kesempatan yang sangat berharga bagi saya untuk bisa mengikuti pelatihan ini. Sebab ini akan menjadi bekal bagi saya untuk bisa bekerja di mana pun nantinya,” tutur dia.

Pelatihan ini dilaksanakan PT Vale melalui Departemen External Relations dengan menggandeng Akademi Teknik Sorowako (ATS). PT Vale mendatangkan pemateri langsung dari ATS, tenaga pelatih yang profesional di tiga bidang subjek pelatihan.

Baca Juga : PT Vale IGP Pomalaa Tanam Ribuan Bibit Bakau Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Dalam kegiatan ini dilakukan pula penyerahan atribut safety dan ATK secara simbolis bagi para peserta.

Sebagai informasi, sebelumnya telah dilakukan pelatihan serupa pada angkatan pertama yang diikuti sebanyak 52 orang peserta.

Beberapa di antaranya telah terserap di sejumlah perusahaan kontraktor PT Vale yakni PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Jalan Tengah Jaya (JTJ) dan perusahaan lainnya seperti PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), PT BLMP dan Wanxiang.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama21 Juli 2024 12:07
Babinsa Koramil Tamalatea Bersama Warga Karya Bakti Bersihkan Saluran Air
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Babinsa Tonrokassi Timur Koramil 03 Tamalatea Kodim 1425 Jeneponto, pimpin Karya Bakti pembersihan Saluran Air diwila...
Politik21 Juli 2024 10:20
Perantau Asal NTT di Makassar Siap Berjuang Menangkan Andi Seto di Pilwalkot
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Masyarakat perantau asal Nusa Tenggara Timur (NTT) kota Makassar berkunjung ke Markas Besar Andi Seto Asapa. Kedatang...
Video20 Juli 2024 22:40
VIDEO: Pengendara Mobil Berpakaian PNS Beli Bensin Rp 10 Ribu, Ekspresi Petugas SPBU Jadi Sorotan
SULSELSATU.com – Pengendara mobil yang diduga Pegawai Negeri Sipil (PNS) membeli bensin Rp10 ribu. Video tersebut viral di media sosial Instagra...
Video20 Juli 2024 21:01
VIDEO: Demokrat Resmi Dukung Komika Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024
SULSELSATU.com – Partai Demokrat resmi mendukung Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto untuk maju di Pilkada Tangerang Selatan 2024. Ketua Umum Agu...