Logo Sulselsatu

Penelitian di China Sebut AI Dapat Prediksi Gempa Bumi dengan Akurasi 70 Persen

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 27 Oktober 2023 19:37

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Istimewa
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Peneliti dari University of Texas (UT) melakukan uji coba Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi gempa tujuh hari sebelum kejadian.

Uji coba tersebut telah dilakukan selama tujuh bulan di China. Hasilnya AI mendeteksi 70 persen gempa yang terjadi seminggu sebelumnya.

Hasil penelitian ini merupakan capaian besar yang dapat membantu meminimalisir kerugian ekonomi serta korban jiwa yang disebabkan gempa bumi.

Baca Juga : IOH Group Kolaborasi Bersama NVIDIA Ciptakan Infrastruktur AI Berdaulat

Masyaraakat akan dapat meningkatkan kesiagaan gempa yang signifikan di seluruh dunia.

Profesor Biro Geologi Ekonomi UT Serget Fomel mengatakan, apa yang telah dicapai menunjukkan yang kita anggap mustahil ternyata dapat dipecahkan.

“Kami belum bisa membuat prediksi dimana pun di dunia, tetapi apa yang kami capai menunjukkan yang dianggap sebagai masalah mustahil pada prinsipnya dapat dipecahkan,” ucap Sergey dilansir dari Molanews, Jumat (27/10/2023).

Baca Juga : Sarapan Jadi Salah Satu Kunci Agar Berumur Panjang

AI ini dilatih untuk mendeteksi perubahan statistik dalam data seismik real time yang dipasangkan dengan gempa sebelumnya.

Setelah dilatih, AI memberikan ramalan dengan mendengarkan tanda gempa bumi yang akan terjadi berdasarkan pengetahuan tim tentang gempa bumi, kemudian diintegrasikan berdasarkan database seismik selama lima tahun.

Hasilnya AI ini berhasil memprediksi 14 gempa bumi dengan jarak sekitar 200 mil, perkiraan kekuatan yang di hitung hampir sama persis dengan apa yang terjadi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Maret 2024 08:21
Pemkot Makassar Bersama BPKP Sulsel Komitmen Tekan Angka Kemiskinan dan Stunting
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro berkomitmen menekan angka stunting dan kemiskinan di...
Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...