Logo Sulselsatu

Balai Bahasa Sulsel Gelar FTBI Diikuti Siswa SMP 2 Provinsi

Asrul
Asrul

Selasa, 07 November 2023 19:05

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Sekolah Menengah Pertama se-Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat pada tanggal 6-8 Oktober 2023 di Hotel Aryaduta, Makassar.

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan mempunyai 3 program besar, yaitu literasi, perlindungan bahasa daerah, dan penginternasionalan bahasa Indonesia.

“Festival Tunas Bahasa Ibu ini adalah acara puncak dari rangkaian kegiatan Revitalisasi bahasa daerah (RBD), yang merupakan bentuk apresiasi kepada siswa yang semangatnya sangat luar biasa dalam belajar bahasa daerah dan juga menjadi pelopor peningkatan revitalisasi bahasa daerah di Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Barat,” jelas ketua panitia FTBI 2023 Amriani.

Baca Juga : Rakor Pendidikan Tingkat Sulsel, Jumlah SMK dan SLB Perlu Ditingkatkan

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan bersama Jawa Tengah, dan Jawa Barat merupakan UPT Badan Bahasa yang telah melaksanakan kegiatan FTBI ini ketiga kalinya.

Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Ganjar Harimansyah, menyatakan bahwa kegiatan FTBI Tahun 2023 ini bisa terlaksana dengan baik berkat kolaborasi dan sinergitas dari semua pihak yang telah mengawal program revitalisasi bahasa daerah hingga FTBI tingkat Provinsi.

Peserta kegiatan FTBI tingkat SMP tahun 2023 ini merupakan siswa SMP sederajat yang berasal dari 24 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan dan 3 kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat yang akan memberikan penampilan terbaiknya di beberapa kategori lomba, yaitu lomba mendongeng, berpidato, komedi tunggal, dan penulisan cerpen.

Baca Juga : Sempat Terjadi Kesalahan Sistem Penginputan, Disdik Sulsel Telah Resmi Umumkan Hasil PPDB

FTBI Tahun 2023 ini bukan sekedar ajang lomba, tetapi ajang untuk membangkitkan kegembiraan para peserta dalam mempelajari bahasa daerah dan menapakkan langkah awal yang lebih baik dan akan berlanjut untuk berprestasi lebih baik pula dibandingkan dengan mereka yang ketika sekolah menggunakan bahasa baru (yang bukan bahasa ibu).

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Mei 2024 23:17
VIDEO: Kecelakaan Lalu Lintas di Belopa, Mobil Tabrak Rumah Warga dan Mobil Terparkir
SULSELSATU.com – Insiden kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Topoka, Belopa, Luwu. Sebuah mobil menabrak sebuah rumah warga dan merusak 1 un...
Video13 Mei 2024 21:49
VIDEO: Momen Presiden Jokowi Bersimpuh saat Membeli Pisang di Pasar di Sultra
SULSELSATU.com – Momen Presiden Joko Widodo bersimpuh saat membeli pisang saat mengunjungi pasar di Sulawesi Tenggara. Dalam video terlihat Pres...
Video13 Mei 2024 20:47
VIDEO: Momen Presiden Jokowi Dihadang Warga saat Kunjungan di Muna
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan iring-iringan Presiden Joko Widodo dihadang oleh warga. Momen ini saat Jokowi melakukan kunjungan d...
Lifestyle13 Mei 2024 19:15
Pegadaian Hadirkan The Gade Tower Konsep Green Building, Panel Tata Surya Jadi Sumber Energi
PT Pegadaian menghadirkan The Gade Tower dengan konsep green building di Jalan Kramat Raya No.162 Jakarta Pusat. Gedung baru ini diresmikan Wakil Ment...