Logo Sulselsatu

Climate Catalysts Gelar Kelas Perdana ‘Environment and Climate Change 101” untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan

Andi
Andi

Minggu, 03 Desember 2023 19:35

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com – Setelah sukses menyelenggarakan acara pembukaan Climate Catalysts di Gedung Ipteks Unhas pada tanggal 20 November lalu, kini, Climate Catalysts kembali menggelar program berjudul “Environment and Climate Change 101” yang berlangsung di Lantai 3, Ruang Pegadaian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas Sabtu, 2 Desember 2023 kemarin.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pendidikan lingkungan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran para peserta dan relawan terhadap isu lingkungan yang dihadapi oleh dunia saat ini.

Selain membahas materi seputar pendidikan lingkungan, program ini merupakan kelas perdana dari Climate Catalysts untuk membentuk kesadaran dan tindakan mahasiswa terkait perubahan iklim, melibatkan metode pembelajaran kolaboratif seperti diskusi, sesi kelompok fokus, presentasi, dan permainan yang menarik. Hal ini dianggap sebagai langkah penting dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi perubahan iklim.

Baca Juga : Launching Buku ‘Ekonomi Indonesia Kini dan Esok’ Mewarnai 75 Tahun FEB-UNHAS

Dengan peserta berasal dari berbagai fakultas dan universitas di Makassar, acara tersebut dimoderatori oleh Muhammad Revy Rhardika Yunus, seorang relawan Climate Catalysts dan mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB-Unhas.

Pendiri Climate Catalysts, Samintang, menyoroti relevansi tema perubahan iklim, menekankan keterkaitannya dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-13 tentang tindakan iklim, serta potensi kolaborasi lintas disiplin untuk mengatasi perubahan iklim.

Baca Juga : Prakerja dan FEB-UNHAS Gelar Kuliah Umum, Bahas Transaksi di Era Digital

Samintang menjelaskan urgensi penanganan perubahan iklim, merujuk pada ketidakpastian kondisi iklim saat ini dibandingkan dekade sebelumnya. Ia menekankan dua penyebab utama, yaitu perubahan alam dan perilaku manusia. Selain bencana alam yang tiba-tiba, kebiasaan sehari-hari kecil yang sering diabaikan, seperti penggunaan plastik, juga memainkan peran penting dalam perubahan iklim.

Ironisnya, Samintang mencatat tantangan dalam mengatasi perubahan iklim di Indonesia, khususnya di Unhas. Isu lingkungan jarang dibicarakan, dengan hanya sedikit mahasiswa yang mengadopsi praktik ramah lingkungan, seperti menggunakan botol air minum atau tumbler yang dapat digunakan ulang.

Meskipun demikian, tim Climate Catalysts tetap berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan lingkungan di kalangan mahasiswa, mengakui pentingnya upaya bersama dalam mitigasi perubahan iklim.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video04 Maret 2024 16:20
VIDEO: Anggota Polres Luwu Timur Aiptu Hardi Tewas dalam Kecelakaan Tunggal di Belopa
SULSELSATU.com – Seorang anggota Polres Luwu Timur, Aiptu Hardi meninggal dunia dalam kecelakaan di Belopa, Kabupaten Luwu. Mobil yang dikemudik...
Berita Utama04 Maret 2024 15:15
Kuasa Hukum Tersangka Pembobolan Kotak Suara di Jeneponto Ajukan Praperadilan
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Saiful yang merupakan Kuasa Hukum tersangka dugaan Pembobolan Kotak Suara, AA dan FB di Gedung PPK Bangkala Barat, re...
Pendidikan04 Maret 2024 15:00
Praktik Sosial ESG PT Pegadaian Dorong Inovasi dan Kreativitas di Berbagai Universitas Seluruh Indonesia
PT Pegadaian dengan bangga mempersembahkan The Gade Creative Lounge (TGCL). Ruang belajar kolaboratif modern untuk memfasilitasi pertukaran ide, inova...
Sulsel04 Maret 2024 14:35
PT Vale Bersama PSM Makassar Kolaborasi Kembangkan Ekonomi Kreatif Lokal UMKM dan Olahraga
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) kolaborasi dengan klub sepak bola PSM Makassar melalui program Pemberdayaan Masyarakatnya (PPM) mengintegrasikan penge...