Logo Sulselsatu

Profil Fahrizal Arrahman Husain, Caleg PKB Makassar Potensi Peraih Suara Terbanyak di Parlemen

Asrul
Asrul

Selasa, 20 Februari 2024 14:28

Caleg DPRD Makassar dari PKB Dapil 1 Fahrizal Arrahman Husain alias dokter Ichal memimpin timnya menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga. Ist
Caleg DPRD Makassar dari PKB Dapil 1 Fahrizal Arrahman Husain alias dokter Ichal memimpin timnya menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga. Ist

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Salah satu politisi muda dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dr Fahrizal Arrahman Husain berpeluang mencetak sejarah pada Pemilihan Umum (Pemilu) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar.

Pasalnya, Putra dari Prof Dr Husain Syam yang juga merupakan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) dua periode ini mendapatkan suara sebanyak 12 ribu di Pileg tahun 2024.

Tidak hanya itu, dr Fahrizal Arrahman Husain atau kerap disapa dr Ichal ini berhasil pecah telur. Dimana untuk pertama kalinya PKB mendapat kursi di DPRD Kota Makassar di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Rappocini.

Baca Juga : Azhar Arsyad Ajak Lintas Generasi Bangkit Majukan Makassar

Pria yang lahir di Makassar tahun 1993 ini menjalani karir awal sebagai seorang dokter Puskesmas Jongayya dan Puskesmas Andi Makkasau serta RS Plamonia sebelum terjun ke dunia politik.

Dokter Ichal mengaku terjun ke dunia politik berkat dorongan dari sang ayah. Awalnya dirinya dihadapkan dengan dua pilihan melanjutkan sebagai Dokter Spesialis atau terjun ke dunia politik.

“Kemarin itu saya di persimpangan dua jalan, antar melanjutkan spesialis atau maju ke politik. Namun setelah konsultasi sama bapak akhirnya dia menyarankan untuk maju di politik,” ungkap Ical.

Baca Juga : Legislator Makassar Gerah Persoalan Air Bersih Warga Barombong Tak Pernah Jadi Prioritas

Saat ditanya kenapa memilih PKB sebagai jembatan untuk maju di politik, dokter Ichal menjelaskan bahwa dirinya dan orang tuanya mempunyai kedekatan tersendiri dengan Nahdatul Ulama (NU). Bahkan ayahnya merupakan Ketua Ikatan Sarjana NU.

“Memang dari 2022 saya sudah di panggil PKB masuk sebagai pengurus. namun saat itu saya belum terlalu aktif karena masih sibuk mengurus S2 di Unhas,” ucapnya.

Baca Juga : Indira Jusuf Ismail Jadi Pesaing Appi dan Seto Rebut Rekomendasi PKB Makassar

Pada Tahun 2023 dirinya diberikan kursi sebagai wakil ketua di PKB. Dari situlah dirinya mencalonkan diri pertama kali sebagai Caleg DPRD Kota Makassar Dapil I.

Sebagai pendatang baru, dokter Ichal mengaku cukup kaget dengan suara yang dia peroleh. Pasalnya dia bersama timnya memprediksi suara sebanyak 10 ribu suara.

Baca Juga : Diinisiasi Fauzi Wawo, PKB Makassar Ajak Kandidat Wali Kota Bantu Palestina

“Saya cuman optimis suara saya cuman di angka 10 ribu. Tapi saya tidak menyangka bisa sampai sejauh itu di angka 12 ribu, tentunya saya cukup kaget,” sebutnya.

Alumni SMA 17 Makassar itu mengaku berkampanye dengan memprioritaskan kesehatan masyarakat sesuai bidang keilmuan yang digelutinya selama ini.

“Jadi memang saya menjanjikan apa yang saya tahu, saya tidak akan janji kalau saya tidak tahu dan tidak bisa,” tutur politisi yang berstatus lajang ini.

Baca Juga : Seluruh Fraksi DPRD Kota Makassar Setujui Ranperda KLA Jadi Perda

“Tim kami memiliki visi kedepan jika Insha Allah saya terpilih, yaitu suatu aplikasi kesehatan yang bisa digunakn warga Kota Makassar khususnya dapil 1 untuk brkonsultasi langsung dengan saya ataupun tim dokter kami secara gratis hanya dengan login menggunakan nomor KTP,” sambungnya.

Profil Dokter Fahrizal

Dr Fahrizal Arrahman Husain MBBS merupakan putra dari Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Husain Syam. Prof Husain merupakan salah satu tokoh berpengaruh di Makassar.

Fahrizal lahir di Kel. Bara-bayayya kec. Makassae Kota Makassar pada 3 Juni 1993. Saat ini dirinya berusia 30 tahun dan maju sebagai caleg DPRD Kota Makassar.

Dr. Ical Alumni SMA Negeri 17 Makassar ini, meraih gelar dokter dari Capital Medical University, Beijing, Cina (2012-2018) dan melanjutkan studi adaptasi dan profesi dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (2019-2020).

Dokter Ical pernah menjadi dokter intership di sejumlah rumah sakit di Makassar. Diantaranya, Rumah Sakit Pelamnonia, Puskesmas Jongaya, dan Puskesmas Makkasau Makassar.

Sejumlah pendidikan dan pelatihan tambahan juga pernah ia ikuti. Diantaranya, Advanced Cardiac Life Support(ACLS) Indonesian Heart Association, PERKI (2022), lokakarya reguler etika dan hukum profesi dokter yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (2021), Tata Laksana Vaksinasi Covid-19 bagi Dokter, Perawat, dan Bidan (2021), dan Modul Tanggap Pandemi Covid-19 untuk Peserta Program Internship Indonesia.

Dokter Ichal juga pernah mengikuti Online Course IMERI (OCI) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (2021), Celebes Nephro-Endo Metabolic Update (CNEMU V) Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (2019), dan 3rd ENT Masterclass, China Head and Neck Surgery, ENT, Friendship Hospital, Beijing (2018), dan Chinese Language Course Wuhan Province, China (2011-2012).

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News23 Mei 2024 13:38
Gubernur Quirino Filipina Ingin Adopsi Konsep Sentuh Hati Danny Pomanto
Gubernur Provinsi Quirino Filipina Dakila Carlo E Cua mengaku tertarik dengan program Touching Heart Protokol Pemkot Makassar yang diinisiasi Wali Kot...
Pendidikan23 Mei 2024 13:26
UNM Gelar Tes Wawancara Calon Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar tes wawancara gelombang 1 penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, ...
Makassar23 Mei 2024 12:32
Diikuti 400 Peserta, KBA SMPN 5 Makassar Kembali Sukses Gelar Turnamen Bulutangkis CUP II
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar kembali menggelar Turnamen KBA Esempe Lima Makassar CUP II (Turnamen Bulu...
OPD23 Mei 2024 09:53
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Tinjau Lokasi Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melakukan peninjauan lapangan terkait Program RISE di beberapa lokasi, Rabu ...