Logo Sulselsatu

Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus Bagi Pemudik Gratis Kembali Ke Makassar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 16 April 2024 10:34

Bus bagi pemudik gratis untuk kembali ke Makassar yang disediakan SPJM. Foto: Istimewa.
Bus bagi pemudik gratis untuk kembali ke Makassar yang disediakan SPJM. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) salah satu subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menyediakan bus untuk 300 pemudik gratis balik ke Makassar pada 16 April 2024 pukul 19.30 waktu setempat.

Baik dari Palopo ke Makassar, maupun dari Bulukumba ke Makassar bus tersedia di titik kumpul yang telah ditentukan.

Untuk rute Bulukumba ke Makassar, ditetapkan titik kumpul di Terminal Induk Bulukumba. Sedangkan untuk rute Palopo ke Makassar, titik kumpulnya adalah di perwakilan Bus Borlindo, serta beberapa titik yang dilewati seperti Belopa dan Suli.

Baca Juga : Pelindo Jasa Maritim Sinergi Bersama Pengguna Jasa Wujudkan K3 di Pelabuhan

“Selain mudik gratis yang digelar tempo hari, SPJM juga melaksanakan program untuk menjemput mereka balik ke Makassar, “ kata Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar selaku Sekretaris Perusahaan SPJM.

Mudik gratis tersebut merupakan bagian dari program Mudik Gratis Bersama BUMN. “Pelindo Group juga ikut melaksanakannya dan merupakan salah satu dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan,” lanjut Patrick.

Patrick menyampaikan, SPJM tahun ini menyediakan 270 kursi untuk rute tujuan Makassar – Palopo. Sedangkan untuk rute tujuan Makassar – Bulukumba disediakan sebanyak 30 kursi.

Baca Juga : Pelindo Jasa Maritim Buka Mudik Gratis untuk Dua Tujuan di Sulsel

Pemudik adalah masyarakat yang turun di Pelabuhan Makassar dan masyarakat umum yang akan balik ke kampung halamannya di Palopo dan Bulukumba, serta beberapa kabupaten yang dilalui bus tersebut.

Palopo adalah kabupaten yang mengarah ke utara, berjarak lebih dari 370 km dari Makassar dan biasanya ditempuh kurang lebih dalam 9 sampai 10 jam perjalanan. Beberapa kabupaten yang dilalui sebelum tiba di Palopo adalah Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, dan Sidrap.

Sementara Bulukumba adalah kabupaten yang terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi dengan jarak tempuh sekitar 164 km dari Makassar. Umumnya ditempuh dalam 5 jam perjalanan.

Baca Juga : Pelindo Jasa Maritim Perkenalkan Susunan Direksi Baru

“Kami menyediakan bus untuk balik dari titik kumpul yang di 2 rute tersebut. Kami berharap para peserta yang ingin balik ke Makassar dapat memanfaatkan kuota gratis tersebut,” jelas Tubagus.

Sebelumnya, pada 4 April lalu, peserta mudik gratis dilepas di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.

“Saya berharap program ini dapat mengantarkan saudara semua untuk kembali beraktivitas di Makassar atau daerah yang dilalui setelah berkumpul bersama keluarga tercinta pada hari raya Idul Fitri yang lalu,” ujar Patrick.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News23 Mei 2024 13:38
Gubernur Quirino Filipina Ingin Adopsi Konsep Sentuh Hati Danny Pomanto
Gubernur Provinsi Quirino Filipina Dakila Carlo E Cua mengaku tertarik dengan program Touching Heart Protokol Pemkot Makassar yang diinisiasi Wali Kot...
Pendidikan23 Mei 2024 13:26
UNM Gelar Tes Wawancara Calon Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar tes wawancara gelombang 1 penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, ...
Makassar23 Mei 2024 12:32
Diikuti 400 Peserta, KBA SMPN 5 Makassar Kembali Sukses Gelar Turnamen Bulutangkis CUP II
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar kembali menggelar Turnamen KBA Esempe Lima Makassar CUP II (Turnamen Bulu...
OPD23 Mei 2024 09:53
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Tinjau Lokasi Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melakukan peninjauan lapangan terkait Program RISE di beberapa lokasi, Rabu ...