Logo Sulselsatu

Rayakan Tahun Baru Islam, YIC Al-Markaz Al-Islami Bakal Gelar Haflah Tilawatil Quran dan Muhasabah Diri

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 05 Juli 2024 17:51

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Yayasan Islamic Center (YIC) Al-Markaz Al-Islami akan menggelar Muhasabah, Dzikir, dan Haflah Tilawatil Quran untuk memperingati satu Muharram tahun baru Islam 1446 Hijriah yang jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024.

Ketua Panitia Satu Muharram Masjid Al-Markaz Al-Islami, Muannas, menyampaikan bahwa muhasabah adalah kegiatan utama perayaan tahun baru Islam tahun ini.

“Kita perlu merayakan ini juga untuk melakukan introspeksi diri selama setahun terakhir. Oleh karena itu, salah satu rangkaian acaranya adalah muhasabah atau renungan introspeksi diri, apa-apa yang kita lakukan selama setahun terakhir. Berbekal introspeksi kita, ke depannya umat Islam itu mempunyai kualitas hidup yang lebih baik,” kata Muannas, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga : Peringatan Tahun Baru Islam di Jeneponto, Iksan: Beri Pelayanan dengan Ikhlas

Kata Muannas, kegiatan zikir dan muhasabah ini akan dipimpin oleh KH. Firdaus Maile. “Kemudian baru tahun ini juga kita menggelar namanya muhasabah, jadi kita mengundang motivator Islam yang bisa memimpin renungan, introspeksi kita bermuhasabah tentang apa-apa yang kita lakukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, YIC Al-Markaz Al-Islami juga akan menggelar Haflah Tilawatil Quran yang akan dibawakan oleh qoriah nasional Raodatul Jannah dan qoriah internasional Nurhidayah Sulaiman. Hal ini membuat peringatan tahun baru Hijriyah di Al-Markaz menjadi lebih istimewa.

“Karena untuk pertama kalinya tahun ini ada namanya Haflah Tilawatil Quran, yang menghadirkan seorang qoriah internasional dan qoriah nasional,” tuturnya.

Baca Juga : None: Tahun Baru Islam, Waktunya Introspeksi Diri

Muannas menuturkan perayaan tahun baru Islam ini juga menjadi ajang silaturahmi bersama jemaah untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah. “Ini akan menjadi sebuah event untuk menjalin silaturahmi di antara kita semua, jadi memperkuat ukhuwah Islamiyah di dalam menyemarakkan atau melakukan syiar Islam,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan akan diawali dengan shalat Maghrib berjamaah, dilanjutkan dengan dzikir bersama menjelang shalat Isya. Setelah salat Isya, acara utama yaitu Haflah Tilawatil Quran dan Muhasabah akan berlangsung. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan25 Juli 2024 14:29
Teken MoU, Groundbreaking Proyek Metro Kapsul Ditarget Tahun 2027
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menggelar Makassar Investment Forum (MIF). Perhelatan ini dilaksanakan bersamaan dengan even...
Pendidikan25 Juli 2024 14:23
Prof Karta Jayadi Kembali Kukuhkan 3 Besar FIP FT dan FBS UNM
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sidang terbuka luar biasa dalam rangka pengukuhan tiga guru besar di Ball...
Politik25 Juli 2024 14:05
Kader Golkar Gigit Jari, Beringin Rindang Hampir Pasti Usung Andi Sudirman-Fatmawati
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kader Partai Golkar yang ingin maju di Pilgub Sulsel harus gigit jari. Pasalnya, partai berlambang pohon beringin itu...
Berita Utama25 Juli 2024 12:18
Peran Aktif Babinsa Koramil Kelara Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Saluran Air
SULSELSATU.com JENEPONTO – Sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan Kawasan Desa binaan yang bersih, Babinsa Jajaran Koramil 1425-04/Kelara Kodim ...