Logo Sulselsatu

Rayakan Tahun Baru Islam, YIC Al-Markaz Al-Islami Bakal Gelar Haflah Tilawatil Quran dan Muhasabah Diri

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 05 Juli 2024 17:51

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Yayasan Islamic Center (YIC) Al-Markaz Al-Islami akan menggelar Muhasabah, Dzikir, dan Haflah Tilawatil Quran untuk memperingati satu Muharram tahun baru Islam 1446 Hijriah yang jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024.

Ketua Panitia Satu Muharram Masjid Al-Markaz Al-Islami, Muannas, menyampaikan bahwa muhasabah adalah kegiatan utama perayaan tahun baru Islam tahun ini.

“Kita perlu merayakan ini juga untuk melakukan introspeksi diri selama setahun terakhir. Oleh karena itu, salah satu rangkaian acaranya adalah muhasabah atau renungan introspeksi diri, apa-apa yang kita lakukan selama setahun terakhir. Berbekal introspeksi kita, ke depannya umat Islam itu mempunyai kualitas hidup yang lebih baik,” kata Muannas, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga : Peringatan Tahun Baru Islam di Jeneponto, Iksan: Beri Pelayanan dengan Ikhlas

Kata Muannas, kegiatan zikir dan muhasabah ini akan dipimpin oleh KH. Firdaus Maile. “Kemudian baru tahun ini juga kita menggelar namanya muhasabah, jadi kita mengundang motivator Islam yang bisa memimpin renungan, introspeksi kita bermuhasabah tentang apa-apa yang kita lakukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, YIC Al-Markaz Al-Islami juga akan menggelar Haflah Tilawatil Quran yang akan dibawakan oleh qoriah nasional Raodatul Jannah dan qoriah internasional Nurhidayah Sulaiman. Hal ini membuat peringatan tahun baru Hijriyah di Al-Markaz menjadi lebih istimewa.

“Karena untuk pertama kalinya tahun ini ada namanya Haflah Tilawatil Quran, yang menghadirkan seorang qoriah internasional dan qoriah nasional,” tuturnya.

Baca Juga : None: Tahun Baru Islam, Waktunya Introspeksi Diri

Muannas menuturkan perayaan tahun baru Islam ini juga menjadi ajang silaturahmi bersama jemaah untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah. “Ini akan menjadi sebuah event untuk menjalin silaturahmi di antara kita semua, jadi memperkuat ukhuwah Islamiyah di dalam menyemarakkan atau melakukan syiar Islam,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan akan diawali dengan shalat Maghrib berjamaah, dilanjutkan dengan dzikir bersama menjelang shalat Isya. Setelah salat Isya, acara utama yaitu Haflah Tilawatil Quran dan Muhasabah akan berlangsung. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...