Logo Sulselsatu

Empat Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dicampur dengan Pisang, Bisa Mengganggu Kesehatan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 08 Juli 2024 20:02

Empat bahan makanan yang tidak boleh dicampur dengan pisang. Foto: Internet
Empat bahan makanan yang tidak boleh dicampur dengan pisang. Foto: Internet

SULSELSATU.com – Buah Pisang sangat umum dijumpai dalam masyarakat. Banyak yang membuat sajian makanan dengan pisang sebagai bahan utama dan dijampur dengan sejumlah bahan lainnya.

Pisang juga kaya akan nutrisi, seperti serat, protein, kalium, vitamin, serta mineral bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Namun ternyata, ada beberapa bahan makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersama pisang. Hal ini karena bisa memicu reaksi dan menyebabkan masalah kesehatan.

Baca Juga : Rahasia Minum Teh Agar Bisa Cegah Penuaan Dini dan Cocok Buat Diet, Ini Penjelasannya

Apa saja makanan yang dimaksud? Dikutip dari detikcom, Senin (8/7/2024), berikut produk makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi berbarengan dengan pisang.

1. Produk susu
Susu yang dicampur dengan pisang merupakan salah satu kombinasi yang kerap dijumpai. Namun, keduanya ternyata tidak baik dikonsumsi secara bersamaan loh.

Kandungan nutrisi seperti protein, serat, vitamin, dan mineral yang ada pada pisang membuat buah tersebut bergizi dan mengenyangkan.

Baca Juga : TP PKK Tombolopao Hadirkan Gerbang Daeng Sibali Tingkatkan Pengetahuan PMT

Tapi jika dikombinasikan dengan lemak susu dan nutrisi lainnya, hal ini akan meningkatkan dosis nutrisi dan membuat pencernaan terganggu. Selain itu, kombinasi pisang dan susu dapat menghasilkan senyawa yang dapat memperlambat pencernaan dan mengganggu flora di usus.

2. Roti dan kue
Roti dan pisang mungkin merupakan salah satu kombinasi makanan yang kerap disantap saat sarapan. Namun, kebiasaan ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Roti dan kue yang dipanggang mengandung karbohidrat olahan, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Di sisi lain, pisang termasuk makanan yang dapat melancarkan pencernaan.

Baca Juga : PKK Kecamatan Parigi Hadirkan Panganan Bayam Brazil Tingkatkan Gizi Keluarga

Ketika kedua makanan yang sifatnya bertentangan ini dipadukan, maka dapat meningkatkan risiko ketidakseimbangan pada sistem pencernaan, dan memicu berbagai bahaya kesehatan.

3. Daging merah
Ternyata, mengonsumsi pisang setelah makan daging tidak disarankan. Dikutip dari NDTV Food, daging merah seperti daging sapi, domba, dan kambing memiliki kandungan protein hewani tinggi yang dapat memperlambat proses pencernaan.

Di sisi lain, pisang merupakan makanan yang mudah dicerna. Menurut para ahli kesehatan, jika kedua makanan tersebut dikonsumsi bersamaan maka dapat menyebabkan fermentasi dan gas dalam saluran pencernaan.

Baca Juga : Indira Yusuf Ismail Tinjau Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Posyandu

4. Buah citrus
Pisang dan buah citrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit, memiliki sifat yang saling bertentangan. Pisang memiliki sifat yang basa, sedangkan buah sitrus bersifat asam.

Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi pisang dengan makanan yang bersifat asam dapat memicu beragam masalah kesehatan, seperti mual, sakit kepala, dan lain-lain.

Ayurveda, yakni ilmu kesehatan kuno India, juga menyebutkan konsumsi makanan yang sifatnya kontras dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan mengganggu kesehatan tubuh.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Juli 2024 22:40
VIDEO: Prabowo Subianto: Untuk Apa Bangun Gedung-gedung, Kereta Cepat jika Negara Tidak Aman
SULSELSATU.com – Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan perlindungan rakyat Indonesia menjadi penting. Ia menyampaikan pembangunan insf...
Sulsel13 Juli 2024 22:02
Melalui Fashion Karnaval, Bupati Adnan Harap Malino Terus Dikenal Kota Bunga
SULSELSATU.com, GOWA – Beautiful Malino 2024 memasuki hari kedua dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Fashion Karnaval yang ...
Bisnis13 Juli 2024 20:53
All New Honda BeAT Series Terbaru Hiasi Langit dan Pantai Ambon
Balon udara besar bertuliskan Honda dan All New Honda BeAT Series terbaru menghiasi langit serta pantai Ambon. Masyarakat pun dikejutkan dengan hal te...
Video13 Juli 2024 20:45
VIDEO: Modus Baru Penipuan Paket COD di Tanjung Bunga Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang kurir yang mengantarkan paket bodong di Tanjung Bunga, Kota Makassar. Penghuni rumah yang m...