Logo Sulselsatu

Pemkot Parepare Pasang Alat Perekaman Pajak di Restoran dan Cafe

Asrul
Asrul

Jumat, 21 Juni 2019 09:13

Pemkot Parepare Pasang Alat Perekaman Pajak di Restoran dan Cafe

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare memasang alat perekaman pajak di sejumlah tempat usaha. Ini sebagai upaya membiasakan pelaku usaha untuk jujur dan tertib dalam membayar pajak.

Sekretaris Kota (Sekkot) Parepare, Iwan Asaad mengatakan, tahap awal 10 alat perekaman dipasang di sejumlah restoran yang dinilai memiliki pendapatan dan paling ramai dikunjungi.

“Sudah ada 10 alat perekaman pajak yang kita sebar di sejumlah cafe dan restoran. Transaksi yang terjadi di tempat usaha yang terpasang alat ini, terpantau oleh pemerintah daerah dan KPK secara online. Sehingga pajak yang dikeluarkan pemilik usaha dilakukan secara transparan,” ujar Iwan, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga : Kabar Gembira! Warga Parepare Pasien Covid Isoman di Rumah Bakal Diberi Tunjangan Uang

Menurutnya, alat perekaman pajak itu dapat mengoptimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Parepare. Pasalnya hanya dalam kurun waktu dua minggu, pemerintah berhasil mengumpulkan pajak sekitar Rp11 juta.

“Karena itu kita berkordinasi dengan Bank Sulselbar dan mengajukan penambahan 50 alat perekaman pajak itu. Jadi bukan hanya restoran atau cafe yang terpantau, tapi juga pajak hotel, pajak parkir, restoran dan hiburan,” imbuhnya.

“Sekitar 10 persen dari pembelian di restoran merupakan hak pemerintah daerah, yang dibebankan bukan kepada pengusaha, melainkan pelanggan atau masyarakat yang datang berbelanja,” pungkasnya.

Baca Juga : Alhamdulillah! Pemkot Parepare Lunasi Insentif Nakes, Menyusul Insentif Tenaga Vaksinasi

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

OPD04 Desember 2022 20:25
Hari Pertama Reses, Rudianto Lallo Terima Keluhan Drainase dan Jalan Rusak
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo kembali menyapa warga Kelurahan Kaluku Bodoa dan Pannampu Kecamatan Tallo, K...
Ekonomi04 Desember 2022 19:22
BRI Raih Penghargaan Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada LPS Banking Awards 2022
SULSELSATU.com – Literasi keuangan harus terus didorong untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal. Konsisten melakukan ed...
Ekonomi04 Desember 2022 18:21
Wapres Ma’ruf Amin Dorong Percepatan Konversi Bank Sulselbar ke Syariah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengapresiasi dan mendorong percepatan konversi bank Sulselbar menjadi bank s...
Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...