Logo Sulselsatu

Kembangkan Wisata Biringkanal, Dispar Makassar Bakal Berdayakan Masyarakat Setempat

Asrul
Asrul

Rabu, 26 Juni 2019 22:00

Kembangkan Wisata Biringkanal, Dispar Makassar Bakal Berdayakan Masyarakat Setempat

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pariwisata (Dispar) saat ini tengah fokus memberdayakan masyarakat biringkanal atau masyarakat yang bermukim di kawasan pinggir kanal. Pasalnya, daerah biringkanal rencananya akan dijadikan kawasan wisata.

Kasi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Dispar Kota Makassar, Suhendra mengatakan pihaknya tengah menyiapkan biringkanal sebagai destinasi kuliner sebagaimana yang diprogramkan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb.

“Kita melakukan pemberdayaan masyarakat biringkanal untuk mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap lingkungan,” tuturnya dalam acara pemberdayaan masyarakat biringkanal di Hotel Whiz Prime, Rabu (26/6/2019).

Baca Juga : Tingkatkan Kreativitas dan Minat Milenial, Dinas Piwisata Makassar Gelar Festival Bakat

Edukasi tersebut, kata dia, sangat penting untuk membentuk kesadaran masyarakat lantaran potensi wisata selalu berkaitan dengan lingkungan yang bersih. Selain itu, masyarakat juga mendapatkan edukasi khusus di bidang kuliner sebab nantinya akan menjadi mata pencarian atau peningkatan perekonomian bagi masyarakat.

Oleh sebab itu, Dispar fokus memberi bekal pemahaman dan pengetahuan ihwal sadar wisata dan memberi keterampilan tentang makanan tradisional.

“Mereka diajak masak-masak, khususnya makanan tradisional yang ada di Kota Makassar,” kata Suhendra.

Baca Juga : Nonton Bareng Film Ambo Nai’, Kadispar Makassar Ajak Masyarakat Support Film Karya Anak Sulsel

Di tempat yang sama, Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Sosial Pemerintah Kota Makassar, Irwan Bangsawan mengatakan biringkanal berpotensi menjadi destinasi wisata kuliner bila kanal dikelola dengan baik.

Dia mengatakan perlu terjalin koordinasi dengan pihak provinsi terkait pengelolaan biringkanal. Pasalnya kanal masuk kewenangan provinsi.

“Agar tidak ada kendala ke depan, maka dibutuhkan komunikasi dengan pihak provinsi,” kata Irwan.

Baca Juga : Rusmayani Pasrah Pengalihan Dana Hibah Periwisata Ditolak Kemenparekraf

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 Komentar

 Terbaru

Aneka25 Mei 2022 20:08
Aktivitas Kembali Padat, Simak 5 Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sepeda motor saat ini menjadi salah satu pilihan transportasi yang efisien untuk menunjang aktivitas masyarakat di In...
Video25 Mei 2022 19:41
VIDEO: Hobi Main Mobile Legend, Wisudawan Ini Bercita-cita Jadi Rektor UMI
SULSELSATU.com – Momen kocak saat prosesi wisuda mahasiswa di Universitas Muslim Indonesia di Makassar. Suasana wisuda awalnya serius menjadi ca...
Metropolitan25 Mei 2022 19:12
Suzuki Indomobil Percayakan Perusahaan Edward Horas Jadi Penyedia Spare Part
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Era Global Marine yang bergerak di bidang dealer Sales, Service dan Spare Part kini resmi beroperasi dengan bekerj...
OPD25 Mei 2022 18:57
Sosialisasi Deteksi Dini Hipertensi, Dinkes Makassar Libatkan Kader Posbindu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menggelar sosialisasikan upaya pencegahan pada penyakit Hipertensi di hotel No...