Logo Sulselsatu

Diklat di Basarnas, Anggota SAR Unhas Dilatih Teknik Vertical Rescue

Asrul
Asrul

Selasa, 02 Juli 2019 20:09

Anggota SAR Unhas sedang berlatih vertical rescue di tower rappeling Kantor Basarnas Makassar,
Anggota SAR Unhas sedang berlatih vertical rescue di tower rappeling Kantor Basarnas Makassar,

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Demi menunjang pengetahuan dan keterampilan, 15 anggota baru Search and Rescue (SAR) Universitas Hasanuddin (Unhas) mendapat kesempatan berlatih vertical rescue atau metode pertolongan di medan vertikal di tower rappeling, area Kantor Basarnas Makassar, Selasa (2/7/2019).

Proses Diklat ini juga mendapat materi ‘lifting dan lowering’ langsung dari para instruktur Basarnas yang kemudian dipraktikkan oleh peserta secara langsung.

“Vertical Rescue adalah keterampilan penyelamatan di area vertikal atau ketinggian. Di sini kita memberi materi agar peserta paham bagaimana proses penyelamatan di ketinggian”, ujar Kasi Sumber Daya Basarnas Makassar, Kaharuddin yang juga penanggungjawab atas pelatihan ini.

Baca Juga : Dihadapan Plt Gubernur Sulsel, Kepala Basarnas Sulsel Sampaikan Rencana Pembangunan Balai Diklat

Menurutnya, teknik lifting dan lowering seringkali digunakan dalam penyelamatan di area ketinggian. Lifting adalah upaya evakuasi korban dari bawah ke atas, sedangkan lowering sebaliknya, membawa korban dari atas ke bawah.

“Tadi kita telah memberikan materi lifting dan lowering. Dibagi dua kelompok. Untuk lifting kita mencoba praktikan menggunakan manajemen tandu dan loweringnya pakai sistem tandem,” kata Kaharuddin.

Atas pelatihan ini, Basarnas Makassar berharap peserta Diklat mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang sangat berguna dikemudian hari.

Baca Juga : Dihadapan Plt Gubernur Sulsel, Kepala Basarnas Sulsel Sampaikan Rencana Pembangunan Balai Diklat

“Semoga apa yang didapatkan peserta hari ini dari Basarnas Makassar bisa berguna saat dibutuhkan nanti,” ujarnya menandaskan.

Penulis Hermawan Mappiwali
Editor: Azis Kuba

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Politik02 Desember 2022 23:28
Kunjungan Anies Baswedan ke Sulsel Dimajukan, NasDem Maros Matangkan Persiapan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Maros, siap menyambut kedatangan Calon Presiden pilihan NasDem An...
Makassar02 Desember 2022 22:16
Efisiensi Waktu Tempuh dan Bersubsidi, Makassar ke Bone Jalur Udara Hanya 30 Menit
SULSELSATU.com, MAROS – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meresmikan penerbangan perdana SUSI Air rute Makassar – Bone di B...
Video02 Desember 2022 21:47
VIDEO: DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI
SULSELSATU.com – Rapat internal Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Rapat internal Komisi I DPR RI yan...
Makassar02 Desember 2022 20:45
Selamat! Bank Sulselbar Juara 1 Umum Porseni FKIJK
Bank Sulselbar juara umum Porseni FKIJK...