Logo Sulselsatu

Calon Ibu Kota Baru Indonesia Cuma Tampung 1,5 Juta Orang

Asrul
Asrul

Rabu, 10 Juli 2019 14:07

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com – Pemerintah berencana memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke kota lain. Rencananya pemindahan Ibu Kota tersebut pada tahun 2021.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, Ibu Kota baru bukan kota yang sepi ke depannya. Akan tetapi, di Ibu Kota Baru hanya dirancang untuk 1,5 juta penduduk.

“Saya enggak mungkin desain kota sepi pakai uang banyak. Saya desain kota 1,5 juta penduduk. Apakah itu sepi? desainnya segitu, mungkin tercapai dalam 10 tahun. Tapi kita tidak ciptakan Jakarta kedua,” katanya dalam sebuah diskusi di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Baca Juga : Pemindahan Ibu Kota Negara Buka Peluang Ekonomi Baru Sulsel

Menurut Bambang, nantinya ibu kota baru juga dirancang supaya bisa ramah untuk ditinggali. Sehingga, tak banyak menimbulkan permasalahan kota seperti kriminal.

Apalagi, Ibu Kota yang akan dibangun di Kalimantan ini diperuntukkan pusat pemerintahan.

“Karena kita tidak ingin kota terlalu besar yang timbulkan permasalahan kota itu sendiri. Misal melbourne, tidak sepi tapi memang menyenangkan untuk ditinggali. Tidak ada kecepatan dan lain-lain. Tidak desain kota ramai, besar, karena ini hanya jadi pusat pemerintahan,” jelas dia.

Baca Juga : VIDEO: Penampakan Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru

Mantan Menteri Keuangan ini menambahkan, nantinya Jakarta tak akan juga sepi setelah Ibu Kota resmi dipindah. Namun, Jakarta akan tetap menjadi salah satu pusat bisnis di Indonesia.

“Jakarta tetap jadi pusat dagang, ekonomi, bisnis. Lihat Washington DC dan New York,” ucap dia.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...
Video01 Maret 2024 18:22
VIDEO: Pria yang Rekam Rok Wanita di Minimarket di Toraja Minta Maaf
SULSELSATU.com – Sebelumnya media sosial dihebohkan dengan seorang pria yang tertangkap kamera CCTV melakukan tindakan tidak senonoh. Kejadian i...