Logo Sulselsatu

Makassar Siapkan Peta Ketahanan Pangan

Asrul
Asrul

Kamis, 01 Agustus 2019 22:31

Makassar Siapkan Peta Ketahanan Pangan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tengah menyusun peta ketahanan dan kerentanan pangan Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) untuk menggambarkan titik-titik daerah yang rentan terhadap kerawanan pangan.

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar menjelaskan, peta ini bertujuan untuk menganalisis data-data yang ada dalam memberikan gambaran tentang sebaran keragaman pangan pada wilayah di Kota Makassar.

“Memberikan gambaran mengenai situasi dan kondisi ketahanan dan kerawanan pangan yang ada di 15 kecamatan di kota Makassar, serta mengetahui faktor-faktor utama yang menjadi penyebab suatu kecamatan menjadi rentan terhadap kerawanan pangan,” ujar Kepala Dinas DKP Kota Makassar Sri Susilawati saat ditemui di sela-sela sosialisasi penyususnan peta tersebut di, Aerotel Smile Hotel, Kamis, (1/8/2019).

Baca Juga : Inovasi Dongkelor Makassar Jadi Pusat Perhatian Tim Penilai IGA Kemendagri

Sri menambahkan, peta kerentanan dan kerawanan pangan sebenarnya sudah ada sebelumnya tetapi tidak mendetail terhadap semua 15 kecamatan sehingga berikutnya akan dibuatkan juga untuk kelurahan.

Sponsored by MGID

“Makanya kita menghadirkan narasumber yang terkait seperti dari Dinas Sosial. Kita butuh data-datanya yaitu persentasi penduduk yang hidup dibawah garis kemiskinan,” ujar Sri.

Suatu daerah disebut memiliki kerawanan pangan, sebut Sri, apabila termasuk dalam 13 indikator di antaranya adalah faktor ekonomi seperti pendapatan masyarakat rendah sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumsi pangannya dan faktor fisik seperti akses terhadap air bersih yang memungkinkan timbulnya penyakit diare.

Baca Juga : Cegah Stunting, Pemkot Makassar dan Gojek Gelar Konseling ASI

“Ketika dia diare berarti penyerapan zat gizi di tubuhnya itu kurang. Ya itu juga salah satu indikator tentang bagaimana rumah tangga itu bisa menjadi rumah tangga rawan pangan. Untuk itu, perlu ada peta ketahanan dan kerentanan pangan,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 November 2021 08:42
Erick Thohir Kukuhkan Aestika Oryza Gunarto Sebagai Ketum Forum Humas BUMN
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Humas (FH) BUMN terus memperkuat komitmen dalam menjamin penyampaian informasi mengenai Badan Usaha Milik Negar...
Makassar30 November 2021 08:07
Wali kota Danny Tanggung Biaya Pengobatan Kedua Mahasiswa Korban Pertikaian
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota, Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menjenguk kedua korban pertikaian mahasiswa asal kabupaten Lu...
Makassar30 November 2021 00:04
Saksikan Penyerahan DIPA Oleh Jokowi, Danny Harap Antisipasi Penanganan Covid-19 Gelombang III
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menyaksikan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA...
Sponsored by MGID
Breaking News29 November 2021 23:25
Terbukti Bersalah, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah terbukti bersalah oleh Majelis Hakim. Putusan dibacakan Ketua Majelis Hakim...