iklan Kareba Parlementa

Novel Baswedan: Koruptor Berutang Budi ke Jokowi

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengkritik sikap Presiden Joko Widodo yang dinilainya memberi karpet merah bagi pelemahan KPK. Ia mempertanyakan sikap Jokowi yang diduga memuluskan jalan pengesahan Rancangan Undang-Undang KPK dengan menerbitkan surat presiden.

Padahal Novel menilai, beberapa usulan perubahan RUU KPK ini menyimpan masalah dan berpotensi melemahkan lembaga antirasuah.

Iklan Humas SulSel

Hal serupa yang juga disampaikan sejumlah kalangan yakni akademikus dan pegiat antikorupsi, di antaranya soal pembatasan penyadapan, perubahan status kepegawaian menjadi aparatur sipil negara (ASN) dan kewenangan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

“Saya tidak bisa tuduh Pak Jokowi punya kepentingan, tapi kalau kita ingat, semasa beliau menjabat saja, kan upaya seperti ini sudah berulang kali dilakukan oleh DPR, bukan baru pertama kali. Jadi saya yakin Pak Jokowi tahu. Setelah Pak Jokowi tahu dan tetap mau mengubah, apa masalahnya itu, saya enggak ngerti,” kata Novel, seperti dilansir CNNIndonesia, Sabtu (14/9/2019).

9 tahun partai nasdem

“Dan tentunya kalau Pak Jokowi selesaikan ini [RUU KPK] maka koruptor akan berutang budi sekali sama beliau,” lanjut dia lagi.

Langkah Jokowi tersebut menurut Novel membingungkan. Ia pun mengingatkan sederet klaim Jokowi mengenai komitmen pemberantasan korupsi dan dukungan terhadap KPK.

Bila disandingkan, keputusan menyetujui revisi UU KPK saat ini bertolak belakang dengan visi dan misi Jokowi. Novel sendiri menyatakan Jokowi pernah berjanji untuk memimpin pemberantasan korupsi dengan sungguh-sungguh.

Novel khawatir, jika RUU KPK betul-betul jadi disahkan maka keberadaannya akan menjadi malapetaka bagi pemberantasan korupsi.

“Anggap saja Pak Presiden tidak tahu [permasalahan RUU KPK], kita berprasangka baik. Dan ternyata betul-betul salah, bisa enggak dipulihkan seperti semula? Saya katakan, tidak bisa,” katanya.

Presiden Jokowi sebelumnya menyatakan setuju dengan wacana pembentukan Dewan Pengawas untuk KPK. Menurutnya, setiap lembaga memang butuh pengawasan.

Selain itu, dia juga menyetujui keberadaan kewenangan penerbitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) di KPK.

Pertimbangannya adalah untuk memberi kepastian hukum dan jaminan Hak Asasi Manusia (HAM).

“SP3, hal ini juga diperlukan penegakan hukum harus menjamin prinsip-prinsip perlindungan HAM dan untuk kepastian hukum,” ucap dia, dalam konferensi di Istana Negara terkait revisi UU KPK, Jumat lalu.

Di sisi lain, Jokowi menyatakan tak setuju jika KPK harus mendapatkan izin pihak luar ketika ingin melakukan penyadapan. Selain itu, dia juga tak setuju penyelidik dan penyidik hanya berasal dari unsur polisi dan jaksa. Lainnya, Jokowi pun tak setuju KPK harus berkoordinasi dengan Kejaksaan untuk masalah penuntutan.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

Pesawat Jemaah Haji Heboh, Mendadak Seperti Pesta Perkawinan Bugis-Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Aliyah Ummu Hafizh, salah satu jemaah haji Kloter 14 UPG asal Sulawesi Selatan tercengang melihat penumpang pesawat Garuda yang berubah seperti...

Sri Wulansari CPNS Asal Jeneponto Pecahkan Rekor

SULSELSATU.com, JENEPONTO -  Sri Wulansari, Guru Honorer Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri  4 Jeneponto sukses pecahkan rekor nilai TIU Tes CAT Seleksi CPNS...

VIDEO: Video Syur Mirip Gisel Viral di Media Sosial

SULSELSATU.com - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video syur yang diduga mirip dengan Gisel, Sabtu (7/11). Nama Gisel trending di Twitter karena beredar video syur...

Nenek 75 Tahun Ditemukan Tewas dengan Mulut Dilakban dan Tangan Terikat

SULSELSATU.com, BEKASI - Seorang nenek berusia 75 tahun, Maria, warga perumahan Harapan Indah 2, Claster Taman Sari Blok N1, Desa Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya,...

Kabar Buruk, Arab Saudi Hentikan Kedatangan Jemaah Umrah Asal Indonesia

SULSELSATU.com - Kabar buruk datang dari pemerintah Arab Saudi. Jemaah umrah dari beberapa negara, termasuk Indonesia, untuk sementara waktu ditangguhkan. Selain umrah, ada juga...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Video Pelajar SMK Diduga Mesum Beredar di Parepare, Ini Kata Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebuah video pelajar yang diduga mesum beredar dan viral di media sosial. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, dimana...

VIDEO: Viral, Perawat Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Pasiennya

SULSELSATU.com, SURABAYA - Sejak Rabu (24/1/2018) malam, warganet dihebohkan dengan beredarnya video pelecehan seksual yang dialami seorang pasien cantik di rumah sakit. Video tersebut diposting...

Artikel Lainnya

Serikat Nelayan Tolak Rencana Ekspor Benih Lobster

SULSELSATU.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Serikat Nelayan Indonesia Budi Laksana menolak...

Prioritaskan Kader, PAN Tak Buka Penjaringan di Empat Daerah Ini

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPW PAN Sulsel berencana akan membuka penjaringan calon...

2.000 Hektar Lahan Sawit di Lutim dapat Bantuan Peremajaan

SULSELSATU.com, MALILI - Sebanyak 2.000 hektar lahan kelapa sawit di Kabupaten...

Atlet Senam Sinjai Sumbang Medali Emas

SULSELSATU.com, PINRANG - Atlet Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kabupaten Sinjai, Resa...

Waduh! Kemendagri Sebut Ada 103 WNA Masuk DPT Pemilu 2019

SULSELSATU.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menemukan 103 warga negara...

Terkini

Gubernur NA dan Pj Walikota Rudy Resmi Terperiksa di Bawaslu Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Pj Wali Kota...

VIDEO: KPK Tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

SULSELSATU.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo ditangkap KPK terkait...

Plt Bupati Barru Apresiasi Gagasan Karang Taruna Kecamatan Barru

SULSELSATU.com, BARRU - Plt Bupati Barru Ir Nasruddin sangat mendukung rencana...

VIDEO: Salut, Gadis Ini Selamatkan Hiu Kecil yang Terjebak di Tepi Pantai

SULSELSATU.com - Seorang gadis di Australia mendapat pujian dari media sosial. Gadis...

Akademisi Sebut Danny-Fatma Kuasai Materi, Appi-Rahman Terkesan Tidak Nyambung

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Debat publik putaran kedua Pilkada Makassar telah usai...