Diskop UKM Makassar Dorong Peningkatan Kerja Sama Pelaku UMKM

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar menggelar kegiatan peningkatan dan pengembangan jaringan kerja sama UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Hotel Ramedo, Rabu (18/9/2019).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar Evi Apriliyati mengatakan kegiatan ini merupakan angkatan pertama dan akan menyasar seluruh kecamatan di Makassar. Peserta yang mengikuti adalah para pelaku UMKM baik yang bergerak di bidang kerajinan maupun makanan atau kuliner.

“Pesertanya dari kecamatan. Secara protapnya kami menyurat kecamatan, kecamatan ke kelurahan, kelurahan ke warganya. Kita minta masing-masing perwakilannya 10 orang setiap angkatan,” ujar Evi di sela-sela kegiatan.

Melalui kegiatan ini, para pelaku UMKM yang hadir bisa mendapatkan pengetahuan mengenai sistem penjualan, baik melalui media sosial maupun penjualan konvensional ataupun penjualan berkelompok.

Untuk itu, kata Evi, pihaknya menghadirkan para pemateri dari kalangan pelaku UMKM dan akademisi. Mereka diharapkan bisa berbagi ilmu untuk turut memajukan perkembangan UMKM di Makassar sebab sudah memiliki jaringan penjualan baik melalui waralaba ataupun jaringan dari kementerian.

“Tujuannya untuk peningkatan ekonomi masyarakat, terkhusus bagi pelaku-pelaku UKM, terkhusus lagi bagi yang berada di lorong-lorong,” kata Evi.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan