iklan Kareba Parlementa

Ini Kelebihan dan Kekurangan BPD Sulselbar jika Jadi Bank Devisa

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bank Sulselbar pernah menyatakan kesiapannya menjadi bank devisa. Sejumlah persiapan pun dilakukan, mulai dari perekrutan SDM hingga mengajukan permohonan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun rencana tersebut justru menjadi bumerang. Hal ini terlihat saat Direktur Utama (Dirut) Bank Sulselbar Andi Muhammad Rahmat dicopot dari jabatannya belum lama ini.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah selaku pemegang saham pengendali Bank Sulselbar berdalih bahwa proses bank devisa belum yang menunjukkan progres signifikan menjadi alasan untuk mencopot Rahmat dari jabatannya.

Namun di luar dari pada itu, Pengamat Keuangan Negara Universitas Patria Artha, Bastian Lubis angkat bicara soal kelebihan dan kekurangan Bank Sulselbar apabila nantinya menjadi bank devisa.

Bastian menjelaskan, bank devisa merupakan bank yang memperoleh surat penunjukan dari otoritas keuangan dan Bank Indonesia untuk dapat melakukan kegiatan usaha perbankan dalam valuta asing.

Bank devisa dapat menawarkan jasa-jasa bank yang berkaitan dengan mata uang asing tersebut seperti transfer keluar negeri, jual beli valuta asing, transaksi ekspor-impor, dan jasa-jasa valuta asing lainnya.

“Jika dilihat dari pengertian ini, maka sebenarnya bank devisa dapat mengibarkan sayapnya hingga ke luar negeri, namun yang harus dicatat kesiapan sebuah bank untuk mengemban tugas sebagai bank devisa,” jelas Bastian.

Dia pun mengambil contoh sederhana. Jika komposit risiko bank non devisa untuk risiko nilai tukar valas yang sebelumnya tidak ada, dengan menjadi bank devisa maka Inherent Risk (Risiko yang melekat) akan meningkat.

“Dengan melebarkan sayap bisnis bank, maka bank devisa harus siap untuk melakukan mitigasi terhadap berbagai risiko yang mungkin dapat terjadi sewaktu-waktu. Pertanyaannya, seberapa besar cadangan modal bank yang harus ditambah untuk mengantisipasi risiko nilai tukar tersebut,” kata Bastian.

Hal ini ditambah lagi dengan perubahan perilaku “dealing room”. Bastian menyebut jika dalam ruang treasury yang sebelumnya hanya memuat IDR saat ini harus berurusan dengan US$, Euro, Yen, dan berbagai mata uang dunia lainnya.

“Pertanyaannya apakah SDM yang ada telah siap mengelola hal tersebut karena risiko operasional akan berubah seiring dengan perkembangan bisnis. Belum lagi dengan membuka pintu datangnya dana asing maka pastilah harus dapat dikelola dengan baik dan maksimal sehingga tidak membebani cost of fund yang dimiliki oleh bank karena fungsi intermediasi yang lambat,” jelasnya.

“Jika dari dua gambaran risiko tadi saja sudah harus menjadi konsentrasi penting. Bagaimana dengan risiko strategi yang akan dilakukan sebelum dan sesudah menjadi bank devisa. Dengan kata lain stress test terhadap perubahan wajib dilakukan lebih matang sehingga kehilangan modal dapat di eliminir dengan Baik. Hal ini haruslah menjadi perhatian strategic Bank pasca menjadi bank devisa,” tandasnya. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Asosiasi Pedagang Karisa Datangi Kantor DPRD Jeneponto, Ini Harapannya

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Sejumlah pengurus Asosiasi Pedagang Karisa mendatangi Kantor DPRD Jeneponto, Senin (28/9/2020). Mereka datang membawa sejumlah aspirasi para pedagang yang kiosnya terbakar...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris sebagai ketua Tim Penanganan dan Pemulihan Pasar Karisa yang...

Irmayanti Sulthan Klaim Galeri ATM Center Bank Sulselbar Terbaik di Makassar

SULSELSATU.com, Makassar - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah meresmikan galery ATM center...

Artikel Lainnya

Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19, 31 Warga Ditangkap, Delapan Tersangka

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Polda Sulsel mengamankan 31 warga yang diduga terlibat...

Persija Tersingkir dari Babak Kualifikasi Liga Champions Asia

SULSELSATU.com, AUSTRALIA - Persija Jakarta tersingkir dari babak kualifikasi Liga Champions...

Buset! Harga Tiket Pesawat Kelas Bisnis dari Bandung ke Medan Rp21 Juta

SULSELSATU.com, JAKARTA - Harga tiket pesawat jelang lebaran tahun ini semakin...

Taufan Lepas Peserta Jalan Santai di Tonrangeng River Side

SULSELSATU.com, PAREPARE - Rangkaian Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun, Pemerintah...

Melalui Dialog Interaktif, Taufan Imbau Masyarakat Parepare Terapkan Social Distancing

SULSELSATU.com, PAREPARE - Melalui dialog interaktif di radio Dinas Kominfo, Wali...

Terkini

Besok PDAM Makassar Bakal Bagikan Air Gratis ke Warga Tallo

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Perumda Air Minum Kota Makassar bekerja sama dengan...

MK3SS Dukung Program Priortitas Gubernur Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr...

VIDEO: NA Pantau Progres Pembangunan Terminal Bandara Sultan Hasanuddin

SULSELSATU.com, MAROS – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA), meninjau progres...

Emak-Emak di Desa Tompo Dambakan Suardi Saleh “Patterui Decengnge”

SULSELSATU.com, BARRU - Kepemimpinan Suardi Saleh tak perlu lagi diragukan. Fakta...

Curhat Guru Honorer ke Anir: Terima Honor Setiap Empat Bulan Sekali

SULSELSATU.com, PANGKEP - Calon bupati Pangkep, Andi Nirawati menemui salah seorang...