Logo Sulselsatu

Kembangkan Koperasi, NH Hadiri Pertemuan ICA Dunia di Afrika

Asrul
Asrul

Senin, 14 Oktober 2019 16:55

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, KIGALI – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid menghadiri General Assembly (Sidang Umum) dunia International Co-Operation Alliance (ICA) Asia Afrika di Kigali Rwanda, Afrika.

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, 13-17 Oktober mendatang dengan dihadiri pengurus ICA Asia Pasific dari berbagai negara di dunia.

Adapun pokok agenda pembahasan dalam ICA Board Meeting antara lain, menegaskan kembali peran koperasi untuk Pembangunan Global (Cooperative for Development).

Baca Juga : Rusdi Masse dan Nurdin Halid Berpotensi Paketkan NasDem-Golkar di Pilwali Parepare

“Termasuk menetapkan strategi-strategi substansial mengenai kontribusi koperasi di berbagai sektor ekonomi dan pembangunan,” kata Nurdin Halid melalui siaran persnya, Senin (14/10/2019).

Menurutnya, keunggulan perusahaan koperasi yang memadukan profesionalisme bisnis dan kekuatan pemberdayaan sekaligus semakin memperkuat keberadaan koperasi dalam menciptakan keadilan dan pemerataan dunia.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari ini merespons berbagai trend global seperti perkembangan teknologi, disrupsi dan perubahan iklim, maka inovasi koperasi diperlukan agar sintesis tentang identitas koperasi dengan enterpreneur yang berkelanjutan selalu melahirkan pendekatan/model koperasi lebih atraktif bekerja di banyak sektor.

Baca Juga : Nurdin Halid Restui Seto Maju di Pilwali Makassar, Nurhaldin Bakal Dapat Tugas Khusus

Untuk itu, dalam program aksinya, ICA merumuskan untuk terus menerus dalam pelibatan dan kampanye koperasi di kalangan generasi muda.

Salah satu program unggulan yang sedang berlangsung adalah global cooperative enterpreneur yang merekrut para duta koperasi (ambassador) dari berbagai negara.

Nurdin yang juga mantan Vice President International Cooperative Alliance (ICA) Asia Pacific menjelaskan, adapun strategi aksi yang lain adalah Go green campaign, koperasi tidak saja merasa perlu mengkampanyekan kelestarian lingkungan tetapi juga energi yang ramah dan berkelanjutan.

Baca Juga : Beredar Video Jemput Anies Saat Kampanye di Bone dan Barru, Nurdin Halid: Itu Hoaks

“Jadi point penting yang dipetik dari pertemuan ini adalah kesepakatan untuk membangun data base yang kuat dan dalam mengenai kerja-kerja prestasi koperasi di berbagai kehidupan,” ujarnya.

Bahkan kata NH, ICA Asia Pacific kedepqnnya berencana membangun pusat riset koperasi di Teheran Iran.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...