Logo Sulselsatu

KPK Minta Kapolri Baru Tuntaskan Kasus Novel

Asrul
Asrul

Kamis, 31 Oktober 2019 10:56

Komjen Idham Azis. (int)
Komjen Idham Azis. (int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Juru Bicara KPK Febri Diansyah meminta agar Kapolri baru, Komjen Idham Aziz dapat menuntaskan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Novel Baswedan. Ia menyebut hal tersebut sebenarnya juga merupakan perintah Presiden Joko Widodo terhadap institusi Polri.

“Saya kira untuk kasus penyerangan Novel itu sudah merupakan perintah tegas dari Presiden, ya, dan ada waktu tiga bulan. Terakhir kalau kita baca informasinya sudah ada laporan juga dari Polri pada presiden,” kata Febri kepada wartawan di Kantornya, Jakarta, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (31/10/2019).

“Jadi, nanti kita tunggu saja karena tugas dari presiden itu secara institusional pada Polri, maka tentu Polri akan melaksanakan itu sebaik-baiknya,” lanjutnya.

Baca Juga : VIDEO: Ini Alasan KPK terkait Percepatan Panangkapan SYL

Febri pun menyoroti agar kerja sama penegak hukum antara KPK, Polri, dan Kejaksaan Agung semakin diperkuat, utamanya agar lebih serius dalam menyikapi upaya-upaya serangan dan teror terhadap penegak hukum.

KPK berharap Kapolri ke depan itu, KPK bisa bekerja sama dengan lebih baik antara KPK, Polri dan Kejaksaan Agung untuk melakukan upaya pemberantasan korupsi dan penegakan hukum yang lainnya. Karena kami juga punya nota kesepahaman bersama untuk saling membantu kerja sama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi,” kata Febri.

Dia pun lantas menyinggung penyerangan atau teror terhadap dua Pimpinan KPK yaitu Agus Rahardjo dan Laode M. Syarif. Diketahui, pada awal tahun ini rumah dua komisioner KPK tersebut diteror.

Baca Juga : VIDEO: Syahrul Yasin Limpo Ditetapkan Tersangka oleh KPK

Serangan di rumah Laode berupa dua bom molotov, sedangkan di rumah Agus di Jatiasih, Bekasi, berupa bom pipa palsu.

“Nah, ini tentu perlu dicari juga siapa pelakunya dan juga agar tidak ada teror-teror lain terhadap penegak hukum baik terhadap Pimpinan dan pegawai KPK ataupun institusi penegak hukum yang lain,” ujarnya lagi.

Sebelumnya Idham Aziz berjanji untuk menuntaskan kasus penyiraman air keras yang menimpa Novel Baswedan. Ia berencana akan menugaskan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri yang baru untuk menuntaskan kasus tersebut usai dirinya resmi dilantik sebagai Kapolri.

Baca Juga : KPK Obrak Abrik Rumah Mentan SYL di Makassar, 1 Unit Mobil Mewah Diamankan

“Saya nanti begitu dilantik, saya akan menunjuk Kabareskrim baru dan nanti saya beri dia waktu untuk segera mengungkap kasus itu,” kata Idham di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Sementara itu harapan penyelesaian kasus air keras yang mandek sejak tahun 2017 lalu, diutarakan oleh mantan Kapolri Tito Karnavian. Tito menaruh harap supaya Idham dapat menyelesaikan kasus tersebut.

“Saya harapkan Kapolri yang baru dapat melaksanakan reformasi, berusaha lebih baik lagi dari saya, pekerjaan yang mungkin belum bisa saya tuntaskan, silakan lanjutkan,” kata Tito di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga : Diduga Terima Gratifikasi Rp 1,3 Miliar, Rafael Alun Kenakan Rompi Orange

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...
News28 Maret 2024 22:59
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jasmine Room, Soehanna Hall, The Energy Building Jal...