Logo Sulselsatu

Wagub Tegaskan Komitmen Pemprov Dukung Pertumbuhan Koperasi

Asrul
Asrul

Selasa, 12 November 2019 13:18

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang berlangsung di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani Makassar, Senin (11/11/2019).

Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya menyebutkan komitmen pemerintah provinsi dalam mendukung kemajuan koperasi di Sulsel.

“Hal ini terbukti dengan kolaborasi antara eksekutif dan legislatif dalam melahirkan Ranperda sebagai penguatan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM),” kata Andi Sudirman.

Baca Juga : Andi Sudirman dan Andi Amar Gelar Safari Ramadan di Pangkep

Pada kesempatan ini, Andi Sudirman juga menyampaikan progres sektor perdagangan yang terus meningkat pasca penerapan program Direct Call Export.

“Salah satu kebijakan yang strategis adalah di Sulsel ini sudah Direct Call ke Eropa, Amerika,” katanya.

Ia juga menambahkan, jika sejak berjalannya program Direct Call, Pemprov Sulsel dapat menghemat biaya dan waktu pengiriman sebesar 40 persen. Program ini, juga menghemat biata kontainer sebesar 200 hingga 500 USD.

Baca Juga : Andi Sudirman dan AAS Community Buka Puasa Bersama Masyarakat Maros

“Sejak pertama kali dilaunching, sudah ribuan kontainer yang dikirim dari Makassar-Eropa-Amerika yang dulunya harus lewat Surabaya dulu baru terus ke sana, sekarang sudah bisa kompas. Alhamdulillah, kebijakan di akhir tahun bersama dengan Pak Jokowi, kita bisa langsung kirim,” terangnya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki mengatakan, jika koperasi itu adalah suatu pilar ekonomi yang dari waktu ke waktu sudah terbukti.

“Pilar-pilar ekonomi di masyarakat itu harus punya daya tahan, terhadap perkembangan ekonomi dunia yang sekarang ini begitu berat tantangannya,” sebut Menteri Teten Masduki.

Baca Juga : Ketua Golkar Maros Suhartina Bohari Makin Yakin Menangkan Nurdin Halid ke Senayan

“Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga begitu banyak, pak Jokowi meminta agar didorong kelembagaannya dalam bentuk koperasi, sehingga pemerintah mudah mengelolanya,” sambungnya.

Ia juga menambahkan bahwa koperasi juga ini harus dikenalkan di anak-anak milenial, baik anak-anak mahasiswa guna mempopulerkan koperasi di kalangan anak-anak muda.

Munas ini dijadwalkan berlangsung pada 11 hingga 14 November.

Baca Juga : Survei SSI Dapil Sulsel 2 Andi Fahsar Unggul, Nurdin Halid: Hasil Akhir Menentukan

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...