Logo Sulselsatu

Tangkis Dampak Negatif Medsos, Korcab VI DJA II Ikuti Sosialisasi Bahaya Radikalisme

Asrul
Asrul

Selasa, 19 November 2019 10:57

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pengurus Korcab VI Jalasenastri Armada II mengikuti sosialisasi tentang bahaya paham radikalisme dan Undang Undang Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE) jajaran Dharma Pertiwi Daerah di Gedung Serbaguna Suryadharma Koops AU II, Senin (18/11/2019).

Perwakilan BNPT, Wahyu Nurcahyo membawakan materi tentang bahaya radikalisme dan ekstrimis. Sementara Kompol Hari Agung dari Cyber Ditreskrimsus Polda Sulsel membawakan materi soal berita palsu alias hoaks.

Ketua Dharma Pertiwi Daerah, Endang Surawahadi dalam sambutannya mengatakan, bahwa radikalisme merupakan suatu ideologi dan faham yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan/ekstrim yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Baca Juga : Korcab VI DJA II Bagikan Masker dan Parcel Sayur untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Seiring dengan perkembangan era digital, beberapa fakta menujukkan bahwa situs online ataupun media sosial dijadikan sarana penyebaran propaganda, retorika, berita-berita hoaks. Opini-opini sesat yang bertujuan untuk penyesatan ideologi.

“Hal tersebut dapat kita Iihat dari berbagai kasus seperti ujaran kebencian. Kekerasan, konten-konten tidak etis dan lainnya yang dapat melibatkan seluruh elemen masyarakat,” kata Endang.

Menghadapi fenomena dan potensi ancaman tersebut, maka Dharma Pertiwi Daerah sebagai organisasi istri prajurit, perlu meningkatkan pemahaman mengenai bahaya paham radikalisme guna membentuk pondasi ideologi yang kuat dan memahami Undang-Undang lnformasi Transaksi Elektronik (ITE) urgensi literasi di era digital.

“Mengingat esensi dari kegiatan ini sangat besar, saya berharap ibu-ibu sekalian agar mengikuti sosialisasi dengan baik sehingga tidak terjerumus ke dalam paham radikalisme dan menjadi pelopor insan penggunaan media ITE yang bijak di tengah keluarga dan masyarakat sekitarnya ” ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Dharma Pertiwi Daerah juga menghadirkan sNur Dhania bersama ibundanya untuk berbagi pengalaman selama tinggal di Suriah.

Turut hadir dalam sosialisasi itu, Ketua IKKT Kosekhanudnas II Santy Yulianta, para pengurus Dharma Pertiwi Daera serta organisasi istri -istri prajurit TNI wilayah Makassar.

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan19 Mei 2024 20:15
Dijemput Forkopimda, OPD dan Tokoh Masyarakat, Zudan: Terima Kasih Sambutan Hangatnya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan terima kasih kepada seluruh F...
Politik19 Mei 2024 19:50
Irwan Hamid-Sudirman Bungi Usungan NasDem di Pilkada Pinrang
SULSELSATU.com, PINRANG – Partai NasDem menyepakati mengusung Andi Irwan Hamid dan Sudirman Bungi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ka...
News19 Mei 2024 18:33
Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 Hadir di Kendari
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon menggelar ...
Aneka19 Mei 2024 17:22
Ketua TP PKK Kota Makassar Tekankan Pentingnya Pemberian ASI Ekslusif
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2016 tent...