iklan Kareba Parlementa

Muhadjir Effendy Kritik Rencana Mendikbud Revisi Sistem Zonasi

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengkritik rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim soal pola Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berdasarkan zonasi.

Nadiem akan mengubah sistem penerimaan jalur prestasi yang ada di sistem zonasi, yang semula hanya 15 persen menjadi 30 persen. Sistem zonasi ini diketahui ‘warisan’ Muhadjir saat masih menjabat Mendikbud sebelum Nadiem.

Menurut Muhadjir Nadiem mesti paham bahwa sejak awal visi dan misi dari Presiden Joko Widodo adalah pemerataan dan berkeadilan. Bahkan secara langsung Jokowi perintahkan agar kastanisasi di tingkat sekolah dihapus.

“Tentang zonasi, tentu saja silahkan ada perubahan. Tapi itu juga memang itu menterjemahkan visi bapak presiden, yaitu apa, pemerataan dan berkeadilan. Dan itu pak presiden perintah langsung supaya dihapus kastanisasi sekolah,” kata Muhadjir di kawasan Pancoran, Jakarta, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Jumat (11/12/2019).

Dia pun mafhum, dalam pengambilan kebijakan apalagi berkaitan dengan pendidikan akan ada yang menang dan yang kalah. Jika Nadiem memilih untuk menambah kuota penerimaan jalur prestasi dalam sistem zonasi itu pun tak jadi masalah.

Kata Muhadjir, semuanya hanya bergantung pada pilihan dan prioritas mana yang diambil.

“Ini sekali lagi soal pilihan, ketika memperhatikan mereka yang punya nilai tinggi untuk diprioritaskan itu juga soal pilihan. Apa jelek? tidak. Tapi semuanya pasti ada tadi itu, ada politik will ada politikal lost,” katanya.

Meski begitu, dia menyayangkan sistem kastanisasi yang selama ini telah mengakar di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Bahkan kata dia, saat dirinya pertama kali menerapkan peraturan zonasi kala menjadi Mendikbud, banyak pihak yang menentang dan tak sedikit yang marah.

Padahal kastanisasi di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia jelas sekali sangat bertentangan dengan Pancasila yang selama ini dianut di Indonesia.

“Nah satu hal yang selama ini menurut saya begitu bertentangan dengan Pancasila, menurut saya adalah terjadinya kastanisasi sekolah. Ada sekolah yang kumpulan orang kaya pinter-pinter. Kenapa pinter, ya karena kaya,” katanya.

“Karena dia bisa dapat akses pendidikan yang banyak. Tapi kemudian ada sekolah kumpulan anak miskin, kenapa, karena miskin ya tidak pinter,” jelasnya.

Diketahui Mendikbud Nadiem Makarim berencana mengubah pola PPDB berdasarkan zonasi yang telah berjalan selama kurang lebih dua tahun. Meski tak menghapus secara keseluruhan, namun ada perubahan yang dilakukan Nadiem.

Sistem zonasi ini dibagi dalam tiga jalur penerimaan. Sebanyak 80 persen siswa diterima di sebuah sekolah berdasarkan wilayah atau jarak dengan sekolah. Kemudian, 15 persen lewat jalur prestasi, dan sisanya sebanyak 5 persen diterima melalui sistem pindah sekolah.

Nadiem mengubah sistem itu. Penerimaan siswa lewat jalur prestasi menjadi 30 persen.

“Yang tadinya jalur prestasi hanya 15 persen, sekarang jalur prestasi kami perbolehkan sampai 30 persen,” kata Nadiem.

Perubahan itu tentu berdampak pada jalur penerimaan lainnya. Jalur penerimaan melalui pemetaan wilayah atau zonasi jadi hanya 50 persen, jalur perpindahan sebanyak 5 persen, 30 persen jalur prestasi, dan jalur afirmasi sebanyak 15 persen. Jalur afirmasi sendiri merupakan jalur penerimaan bagi penerima Kartu Indonesia Pintar.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris sebagai ketua Tim Penanganan dan Pemulihan Pasar Karisa yang...

Kampanye di Zona III, None Nginap di Rumah Ketua RT

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, hari ini akan melakukan kampanyenya di Zona III, yang meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala,...

Mendibud Nadiem Makarim Diadukan ke Komnas HAM oleh Mahasiswa

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dilaporkan ke...

Artikel Lainnya

Pelaku Penembakan di Gedung DPR Ternyata Pegawai Kemenhub

SULSELSATU.com, JAKARTA - Polisi telah mengungkap pelaku penembakan di gedung DPR...

Dhimas Darmadi Beri Bonus ke Atlet Bantaeng Peraih Medali di Porda Pinrang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Manajer atlet pencak silat Kabupaten Bantaeng, Dhimas Darmadi...

Pesan Gubernur Sulsel untuk Danny-Ical di HUT ke-411 Kota Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah turut menghadiri perayaan...

Pemkab Gowa Target 100 Ribu Pengunjung di Beautiful Malino 2019

SULSELSATU.com, GOWA - Event wisata Beautiful Malino (BM) 2019 yang digelar...

Pemprov Segera Gelar Sayembara Desain Baru Stadion Mattoanging

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan, pengelolaan Stadion...

Terkini

APT, Politisi Muda NasDem Diberi Amanah Jabat Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Legislator Fraksi NasDem Sulsel, Andre Prasetyo Tanta (APT),...

Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Perda Pencegahan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin...

VIDEO: Bikin Haru, Kisah Anak Driver Ojol yang Lulus Perguruan Tinggi dan Dapat Beasiswa

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang anak driver ojek online menceritakan...

Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Menhub Dijadwalkan Kunjungi Bandara Toraja

SULSELSATU.com, TANA TORAJA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dijadwalkan...

Taat Protokol Kesehatan Covid-19, Satlantas Polres Jeneponto Beri Edukasi Pengendara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kepolisian Resort (Polres) Jeneponto terus mengedukasi masyarakat untuk...