Logo Sulselsatu

Menkominfo Bantah Blokir Web Streaming Gratis IndoXXI

Asrul
Asrul

Jumat, 10 Januari 2020 14:39

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate membantah pihaknya memblokir situs film streaming ilegal, IndoXXI. Politikus NasDem itu menyebut penutupan itu dilakukan sendiri oleh pengelola situs IndoXXI.

“Tidak [diblokir], salah juga terminologinya. IndoXXI menyadari bahwa mengedarkan film-film legal itu tidak boleh dan mereka melalui inisiatif sendiri untuk menutup streaming itu,” kata Johnny, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Jumat (10/1/2020).

Lebih lanjut Johnny mengimbau kepada situs film streaming serupa IndoXXI agar tidak mengedarkan film ilegal. Ia juga meminta agar situs-situs ini memiliki izin yang jelas.

Baca Juga : Kualitas Jaringan Telekomunikasi TelkomGroup Selalu Prima di Media Center KTT AIS 2023 Forum, Menkominfo Beri Apresiasi

“Kami berharap yang streaming, aplikasi-aplikasi atau platform lainnya juga mengikuti jejak yang sama yaitu mengedarkan film-film, lisensi, dan izin yang jelas,” ucapnya.

Selain itu Johnny menyoroti perilaku masyarakat yang lebih suka menonton film ilegal. Menurutnya kebiasaan ini bisa merugikan sineas perfilman Indonesia. Dia juga tak ingin Indonesia dianggap sebagai negara yang kerap membajak karya atau kreasi di ruang digital.

“Meskipun untuk masyarakat dapat murahnya, tetapi caranya secara makro Indonesia itu tidak bermanfaat bahkan bisa merugikan,” sambung Johnny.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 Gelombang 10 Tiba di Indonesia

Polemik IndoXXI berawal dari survei YouGov yang menyebut 63 persen konsumen dari di Indonesia menonton film lewat situs torrent. Situs IndoXXI (Lite) menjadi situs menonton film populer yang digunakan oleh 35 persen pengguna.

Menanggapi hasil survey tersebut, Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemenkominfo) menyebut akan memberantas para pelanggar hak kekayaan intelektual (HAKI) pada 2020.

Alhasil, 24 Desember lalu, IndoXXI mengunggah pengumuman bahwa situs mereka akan tutup per 1 Januari 2020 demi memajukan industri kreatif tanah air.

Baca Juga : Johnny Plate Sebut Indonesia Akan Berkolaborasi Menggunakan Teknologi Tangani Corona

“Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik. Salam, INDOXXI,” demikian tertulis pada situs tersebut, Selasa (24/12)

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Lifestyle18 April 2024 18:22
Buruan Daftar! PHRI Gelar Fun Run 5,5 KM Berhadiah Umrah
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel bakal menggelar fun run 5,5 kilometer pada 28 April 2024....
Video18 April 2024 18:00
VIDEO: Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus
SULSELSATU.com – Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara mengalami erupsi. Erupsi terjadi sejak Selasa (16/4/2024). Ket...
Politik18 April 2024 17:04
ARA Bidik Pilwali Makassar, Harap Demokrat Komitmen Tanpa Mahar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPC Demokrat Makassar Adi Rasyid Ali (ARA) berniat maju pada Pemilihan Wali Kota Makassar pada November 2024. A...
Berita Utama18 April 2024 16:42
VIDEO: Detik-detik Truk Muat Alat Berat Meluncur Tanpa Sopir
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan truk yang membawa muatan alat berat meluncur tanpa sopir. Kejadian ini terjadi di gerbang tol Kalik...