Logo Sulselsatu

Kunker di Parepare, Ini Pesan Kajati Sulsel

Asrul
Asrul

Rabu, 29 Januari 2020 19:05

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE — Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Sulawesi Selatan Firdaus Dewilmar, meminta jangan ada perkara atau kasus yang berlarut-larut tanpa ada kepastian hukum.

Menurut dia, kasus yang berlarut hanya menyandera orang, sehingga sebaiknya dihentikan.

“Kalau lama dan sandera orang-orang tertentu seyogyanya dihentikan saja. Karena orang butuh kepastian hukum,” katanya.

Baca Juga : Tiba di Parepare, Pj Gubernur Sulsel Tebar Benih Udang Vaname dan Tanam Pisang Cavendish

“Kalau dalam perjalanan ada bukti baru, ya kita buka lagi. Asal orang jangan tersandera,” imbuh Kajati Firdaus Dewilmar dalam arahan di hadapan Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe, Forkopimda, dan jajaran pejabat Pemkot Parepare di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Selasa, (28/01/2020).

Dalam arahannya itu, Firdaus mempertontonkan video arahan Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan.

“Ada poin penting yang disampaikan Bapak Presiden. Beliau menekankan, jangan pura-pura salah gigit,” tegas Firdaus sambil memuji Wali Kota Taufan Pawe yang dinilainya tampil sebagai bintang di hadapan presiden saat itu.

Baca Juga : VIDEO: Capres Anies Baswedan Bakal Hadiri Kampanye di Parepare

“Pak Taufan tampil ke depan menyampaikan gagasan-gagasan di hadapan Presiden. Satu-satunya kepala daerah yang berani tampil memanfaatkan momen,” puji Firdaus.

Firdaus melanjutkan, di era Presiden Jokowi pencegahan lebih penting daripada penindakan. Jadi tidak lagi pada kuantitas perkara tapi kualitas perkara.

“Kriminalisasi itu kita kubur jauh. 2020 Jaksa Agung ingin lahirkan perkara berkualitas dan melahirkan daya cegah yang tinggi,” tekan Firdaus.

Baca Juga : Pemprov, Kejati, Polda, dan Bawaslu Sulsel Komitmen Tegakkan Gakkumdu di Pemilu 2024

Menurut Firdaus, kenapa pencegahan itu dikedepankan, karena penindakan tidak mengembalikan dan tidak memulihkan keuangan negara.

Sementara itu, Wali Kota HM Taufan Pawe mengatakan, kehadiran Kajati mempertegas sinergitas Pemkot Parepare dengan Aparat Penegak Hukum (APH) khususnya Korps Adhyaksa (Kejaksaan).

“Intinya adalah membangun sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum. Kerja-kerja pengawal dan pengaman pemerintah dan pembangunan kita sinergikan dengan kejaksaan dan kepolisian, meski TP4D sudah dibubarkan. Makanya kita buat MoU dengan kejaksaan, kepolisian, dan Pak Kajati tadi sangat merespons,” ungkap Taufan Pawe.

Baca Juga : VIDEO: Pohon Tumbang hingga Kabel Listrik Putus saat Hujan Deras di Parepare

Kajati Firdaus Dewilmar hadir di Parepare bersama Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Sulawesi Selatan Ibu Lisa Firdaus Dewilmar, dan rombongan.

Kunjungan kerja di Parepare ini dengan beberapa rangkaian kegiatan, di antaranya mengunjungi Kantor Kejari Parepare, meresmikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Adhyaksa Dharmakarini, dan silaturahmi bersama wali kota, Forkopimda, dan jajaran Pemkot Parepare.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 17:51
Bengkel dan Showroom Kalla Toyota Tetap Buka Saat Hari Libur
Bengkel resmi dan showroom Kalla Toyota tetap buka di hari libur Peringatan Wahat Isa Almasih yang jatuh pada 29 Maret 2024 mendatang. Di hari libur t...
Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...