Logo Sulselsatu

JK, SYL dan NA Tokoh Paling Berpengaruh di Pilwali Makassar

Asrul
Asrul

Jumat, 28 Februari 2020 12:00

(Ist)
(Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pengaruh patron klien masih berperan tinggi dalam pemilihan Wali Kota Makassar tahun 2020 mendatang.

Menurut hasil riset, tiga tokoh yang paling menjadi panutan masyarakat Makassar dalam menentukan pilihan adalah mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), dan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA).

“Pengaruh Pak JK tertinggi, yakni 19,15 persen disusul Pak SYL 18,25 persen dan Pak NA 16,95 persen. Sementara pengaruh tokoh-tokoh lainnya di bawah 10 persen,” kata Direktur Eksekutif, PT General Survei Indonesia (GSI), Herman Lilo, Jumat (28/2/2020).

Baca Juga : Aksa Mahmud Doakan Danny Pomanto Jadi Gubernur Sulsel di Pertemuan Saudagar Bugis Makassar

Pengaruh tokoh sekaliber Ilham Arief Sirajuddin (IAS), meskipun pernah memimpin Kota Makassar selama dua periode, ternyata rendah. Pengaruhnya terhadap pilihan warga Makassar hanya 9,05 persen saja.

Sementara pendiri Bosowa Corporation, Aksa Mahmud memiliki pengaruh 6,75 persen disusul mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman 2,85 persen.

“Adapun responden yang tidak tahu atau merahasiakan jawabannya adalah 24,65 persen. Dengan demikian hanya ada tiga tokoh yang paling bisa mempengaruhi pilihan masyarakat Makassar di pilwalkot,” kata Herman.

Baca Juga : Jusuf Kalla Komentari Videotron Anies Baswedan Dilarang di Bekasi dan Jakarta

Survei ini digelar pada 10-20 Februari 2020 dengan jumlah sampel mencapai 1.200 responden dan margin of error 2,8 persen.

Penulis: Asrul
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Mei 2024 12:50
Camat Tallo Ramli Lallo Hadiri Program “Jappa Rong” di Lorong Wisata Sunkist
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo, Ramli Lallo, didampingi oleh para lurah se-Kecamatan Tallo, menghadiri Program “Jappa Rong” ...
News17 Mei 2024 10:35
Pj Ketua Dekranasda Sulsel Silaturahmi Bersama Pengurus KKSS Jawa Tengah di Solo
SULSELSATU.com, SOLO – Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Jawa Tengah menyambut kunjungan Pj Ketua...
Lifestyle17 Mei 2024 09:23
#Cari_Aman Berkendara di Jalan Raya dengan Jaga Jarak Aman
Pengendara sepeda motor wajib menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan maupun di belakang saat di jalan raya....
Ekonomi17 Mei 2024 08:21
Perkuat Kerjasama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, BRI Berikan Layanan Penyetoran PNBP Langsung ke Kas Negara
SULSELSATU.com, JAKARTA – Taiwan telah dikenal sejak lama sebagai salah satu tujuan utama bagi Warga Negara Indonesia untuk bekerja, berbisnis, dan ...