Logo Sulselsatu

Soal Virus Corona, Ini Tujuh Pesan None ke Pemerintah

Asrul
Asrul

Senin, 02 Maret 2020 22:26

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bakal calon Wali Kota Makassar, Irman “None” Yasin Limpo, memberikan tanggapan tentang maraknya isu virus Corona. Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar harus lebih tanggap melakukan langkah preventif terkait penyebaran virus.

Sebab, virus tersebut sudah terdeteksi sejak beberapa bulan lalu di Wuhan, Tiongkok. Sehingga sebenarnya Pemerintah memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan.

“Karena menghadapi isu apapun, Pemerintah harus mengambil kemungkinan terburuk. Jika itu tidak terjadi, syukur alhamdulillah. Tapi, jika kemungkinan terburuk itu terjadi, kita sudah punya pola penanganan yang cepat dan tepat. Tidak terkesan panik,” kata pria yang memiliki pengalaman panjang menjadi birokrat tersebut.

Baca Juga : Dirut RNI dan Asdep Industri Pangan Kementrian BUMN Kunjungi Peternakan PT BULS Sidrap

None, sapaan akrab Irman menambahkan, ada tujuh poin yang seharusnya dilakukan pemerintah. Pertama adalah mempersiapkan deteksi dini di berbagai tingkat, mulai RT, RW, hingga Kelurahan.
Kedua, mempersiapkan rumah sakit rujukan sampai dengan perencanaan wilayah atau daerah isolasi jika terjadi hal yang semakin buruk.

Langkah ketiga, menurut mantan Kadisdik Sulsel itu, adalah melakukan tindakan massif pencegahan. Seperti penyemprotan desinfektan pada wilayah atau lokasi yang kemungkinan besar akan terjadi tempat penyebaran virus.

Keempat, membuat edaran sekaligus peringatan tegas kepada para pengusaha untuk tidak memanfaatkan atau mengambil keuntungan berlebih terhadap kasus Corona. Seperti menaikkan harga masker, hand sanitizer, dan beberapa item barang lain.

Baca Juga : VIDEO: Virus Corona Ada di Buku Paket IPA Tahun 2017, Katanya Tidak Berbahaya

Kelima, kumpulkan RT dan RW untuk menyeragamkan tindakan penanganan masalah dan antisipasi virus. Bukan malah membicarakan Pilwali.

Keenam dan ketujuh adalah melakukan doa bersama serta rutin melakukan sosialisasi penanggulangan bencana ke masyarakat. Sehingga apapun keadaannya masyarakat siap.

Menurut None, tidak ada kata terlambat, tujuh langkah ini masih bisa dijalankan jajaran Pemkot Makassar. “Semua upaya tadi harus disinergikan dengan doa yang tulus, sehingga hasil akhirnya bisa memberikan keselamatan bagi semua warga masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga : Cegah Virus Corona, Shalat Idul Fitri di Lutra Terapkan Protkes

Ia juga menitipkan pesannya pada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, walau tentu harus terus meningkatkan kewaspadaan.

“Insya Allah bersama kita bisa menghadapi bencana ini. Jangan saling menyalahkan, atau jangan mengambil keuntungan dari bencana. Niatkan semua langkah dengan tulus ikhlas. Jangan pikir macam-macam,” tegasnya. (*)

Editor : ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 April 2024 22:35
VIDEO: Viral, Pria Bule Isi Bensin Mobil Mewahnya di Warung Eceran
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil mewah mengisi bensin di warung eceran. Kejadian ini terjadi di Pulau Dewata Bali. Video ini d...
Teknologi18 April 2024 21:15
Indosat Bersama Mastercard Kolaborasi Hadirkan Cybersecurity Center of Excellence
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard menandatangani nota kesepahaman berkolaborasi menjaga ekonomi digital Indonesia melalui pere...
Hukum18 April 2024 21:03
Peringati HBP ke-60, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Donor Darah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menyelenggarakan kegiatan donor dar...
Video18 April 2024 20:39
VIDEO: Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Suami Terhadap Istrinya di Makassar
SULSELSATU.com – Polisi menyelenggarakan rekonstruksi kasus pembunuhan yang melibatkan tersangka berinisial H (43) terhadap istrinya JU (35) di ...