iklan Kareba Parlementa

Amran Mahmud Teken Komitmen Penyelenggaraan MPP di KemenPAN-RB

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Bupati Wajo Amran Mahmud menandatangani Komitmen Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kantor KemenPAN-RB, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2020).

Penandatanganan ini juga turut dihadiri 48 kepala daerah se-Indonesia.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menjelaskan, MPP merupakan sebuah pembaharuan, sekaligus langkah strategis dalam perbaikan dan pelayanan publik yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi.

Tentunya layanan MPP ini akan terus didampingi dan dimonitor oleh Kementerian PANRB, khususnya dalam bidang kelembagaan diikuti pelayanan publik lainnya, yang diikuti reformasi birokrasi untuk akuntabilitas pemerintahan.

“Sekarang memang masih belum banyak Mal Pelayanan Publik. Nanti kita dorong terus supaya salah satu visi misi Presiden Joko Widodo dalam menyambut reformasi birokrasi,” kata Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo juga mengapresiasi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa yang terus mengembangkan Mal Pelayanan Publik ke 48 daerah. Ia pun meminta agat ke depannya bisa meningkatkan menjadi 514 kabupaten dan kota yang menerapkan Mal Pelayanan Publik, meskipun saat ini yang sudah menerapkan baru 24 kabupaten dan kota.

Tjahjo berharap dengan kemudahan ini juga bisa memberikan perizinan, serta sesuai dengan prinsipnya seluruh instansi pusat dan daerah serta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memang bertugas melayani masyarakat terus berinovasi jangan monoton.

“Pelayanan yang dimaksud untuk masyarakat yang dioptimalkan yakni kemudahan dalam mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM), surat kelakuan baik, sertifikat tanah, pajak, paspor, akte kelahiran atau kematian, kemudian e-ktp, dan lain-lain,” katanya.

“Mudah-mudahan atm-atm (Mal Pelayanan Publik) yang merupakan inovasi untuk mendobrak rutinitas yang berorientasi pada percepatan pelayanan publik, yang lebih berkualitas, itu kuncinya membangun inovasi-inovasi sekecil apapun harus mulai kita bangun,” ujarnya.

Kemudian Mal Pelayanan Publik juga menjadi solusi terhadap anggapan bahwa pelayanan pemerintah pusat dan daerah itu lama berbelit-belit, dan tidak transparan. Menurutnya hal itulah yang harus diperbaiki supaya lebih optimal.

Ia pun menyebut kota Bogor sebagai contoh kita yang sudah menerapkan Mal Pelayanan Publik dalam konteks pemanfaatan teknologi dan informasi.

“Contoh kecil dari dukcapil dan dari kota Bogor itu, saya kira bisa dijadikan dan ditiru oleh seluruh daerah, dalam rangka mempercepat dengan membuat sistem layanan sekecil apapun, yang harus dibuat,” pungkasnya.

Bupati Wajo Amran Mahmud mengatakan, akan segera membangun MPP dalam waktu dekat. “Insya Allah tahun ini kita akan menghadirkan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Wajo,” kata Amran.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Hingga...

Bupati Jeneponto “Menangis”, Isi Pasar Karisa Tinggal Puing-Puing

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang sementara menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19 di Rujab, sedih hingga meneteskan air mata saat mengetahui...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Ujian SKB CPNS Parepare Selesai, 5 Peserta Gugur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemkot Parepare di BKN Kantor Regional IV Makassar, selesai. Selama...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Jayadi Nas, Iqbal Suhaeb, Aslam Patonangi Ditunjuk Jadi Pjs Bupati

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, mengaku akan mengukuhkan Penjabat sementara (Pjs) Bupati untuk mengisi kekosongan kepala daerah yang kembali maju...

Pemerintah Bakal Batasi Rekrutmen CPNS

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) bakal...

Artikel Lainnya

Liga 1 Resmi Dihentikan Sementara Waktu

SULSELSATU.com - Liga 1 2018 resemi dihentikan untuk sementara waktu oleh...

Beli Mobil di Trans Autovaganza Bisa Dapat Motor

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Trans Studio Mal (TSM) Makassar kembali menggelar Trans...

Langgar Kode Etik, DKPP Pecat 70 Penyelenggara Pemilu Selama 2018

SULSELSATU.com, JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memecat 70 penyelenggara...

Pemkab Gelar Jalan Santai Jelang Puncak HUT Jeneponto ke-156

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Menyambut HUT Jeneponto ke-156 pada 1 Mei mendatang,...

Pemkab Gowa Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemkan Gowa kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian...

Terkini

Pemerintahan Kabupaten Gowa Kini Dikomandoi Mantan Bupati Pinrang

SULSELSATU.com, GOWA - Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi...

Bawaslu Didesak Tertibkan APK Melanggar, Jubir: Kami Resmi Sesuai Aturan KPU

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Juru bicara Irman Yasin Limpo - Andi Zunnun...

Lanjutkan Kepemimpinan 2 Periode, Lintas Elemen di Lampoko Siap Menangkan SS-Aska

SULSELSATU.com, BARRU - Pasca-resmi ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati...

Appi Janji Hapus Retribusi Sampah Saat Kampanye di Pasar Rakyat Tamamaung

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Warga Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakukang, khususnya para pedagang...

Dinkes Sulsel Maksimalkan Swab Massal Tahap II di Makassar, Ini Jadwalnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan berbagai...