Logo Sulselsatu

PSMTI dan Yayasan Budi Luhur Siapkan Bantuan Sembako untuk Warga Kurang Mampu

Asrul
Asrul

Kamis, 26 Maret 2020 20:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Covid-19 di Sulsel turut menarik perhatian warga Tionghoa di Makassar. Virus yang membuat masyarakat takut keluar rumah ini dipercaya akan menyebabkan persoalan baru, yaitu masalah sosial.

Hal inilah yang mendorong Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sulsel bersama Yayasan Sosial Budi Luhur Makassar menyiapkan bantuan sosial bagi masyarakat. Bantuan itu nantinya akan berupa bahan pokok dan makanan nutrisi.

Dalam rapat PSMTI dan Yayasan Sosial Budi Luhur bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Makassar, di Jalan Andi Mappaodang, Kamis (26/3/2020) diputuskan bantuan tersebut akan diberikan kepada warga tidak mampu. Jumlah sumbangan itu juga disiapkan sebanyak 15.000 paket.

Baca Juga : Rudianto Lallo Berhasil Amankan 1 Kursi DPR RI Usai PPP Gagal Raih Parliamentary Threshold 4 Persen

Ketua PSMTI Sulsel, Wilianto Tanta menyebut, saat ini banyak masyarakat pada tingkat ekonomi yang kurang baik takut keluar rumah. Padahal mereka ini baru bisa dapat penghasilan jika bekerja.

“Saat ini kita menyiapkan bantuan sebanyak 10.000 paket untuk menangani masalah sosial yang muncul dari serangan Covid-19. Makanya kami mengajak Yayasan Budi Luhur untuk ikut berpartisipasi sama-sama membantu masyarakat. Kalau kita sama-sama memikul beban ini, maka semua akan jadi ringan,” kata Wilianto.

Sebelumnya Kapolrestabes Makassar, Kombes Yudhiawan menyebutkan di Makassar sudah ada tiga yang meninggal akibat Covid-19 dan pasien positif terus bertambah. Makanya, mereka gencar membubarkan orang yang berkumpul karena penyebarannya sangat cepat. Akibatnya ada masalah sosial yang muncul setelah ini.

Baca Juga : Deretan Petahana DPRD Makassar Terancam Tumbang di Pileg 2024

“Kebijakan pemerintah untuk tidak membolehkan masyarakat keluar rumah selama 14 hari dapat membuat persoalan baru, yaitu masalah sosial. Makanya, kami bersama Kodim Makassar mengajak para pengusaha untuk membantu masyarakat yang terdampak masalah sosial akibat wabah Covid-19,” ajak Yudhiawan.

Untuk itu, pihaknya siap memfasilitasi gerakan sosial yang dilakukan para yayasan dalam membantu masyarakat yang terkena dampak sosial Covid-19.

Bersama Kodim akan membagikan sembako ke masyarakat. Kajari Makassar, Nurni Farahyanti yang turut dalam rapat ini menyatakan dukungannya terhadap gerakan ini.

Baca Juga : Apel Siaga, 1.000 Spartan Anak Rakyat Siap Menangkan Rudianto Lallo di Takalar

Pihaknya mengusulkan, sumbangan yang terkumpul nantinya tidak sekaligus diserahkan semuanya. Nurni mengusulkan jumlah sumbangan sebaiknya bisa disiapkan untuk bantuan tahap berikutnya.

“Kita perlu mengantisipasi mewabahnya Covid-19 dalam waktu lama. Makanya, kalau bisa sumbangannya disiapkan untuk tahap berikutnya kalau masih tersedia,” tambahnya.

Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo sangat mengapresiasi aksi yang dilakukan PSMTI dan Yayasan Budi Luhur. Menurutnya, para pengusaha ini memiliki kepekaan sosial.

Baca Juga : Usung Semangat Sultan Hasanuddin, 1.222 Spartan Gowa Siap Menangkan Rudianto Lallo

“Kita selama ini hanya fokus pada wabah padahal ada juga masalah sosial yang muncul dan dampaknya bisa lebih parah. Makanya, kami sangat mendukung gerakan tersebut,” kata Rudianto.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb juga mengapresiasi gerakan ini. Dia mengajak semua pihak untuk sama-sama turun tangan mengatasi masalah ini.

“Saatnya kita sama-sama turun tangan, utamanya masalah ekonomi. Kami akan berikan relaksasi terhadap dunia usaha dan pengusaha. Akan ada kebijakan pengurangan pajak dan kebijakan lainnya,” ujar Iqbal.

Baca Juga : Rudianto Lallo Ziarah ke Makam Raja Gowa-Tallo

Apalagi, banyak orang miskin baru dari masalah ini kata Iqbal karena mereka sudah tidak keluar rumah untuk kerja.

“Makanya, kami dari pemerintah bersama pengusaha ikut peduli untuk membantu mereka,” katanya.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Sosial Budi Luhur Makassar, Benny Phie mengaku siap berpatisipasi. Saat ini pihaknya akan membahas bersama berapa jumlah bantuan yang akan mereka siapkan.

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...